cover
Contact Name
Tri Wahyudi
Contact Email
ruangedukasiberjaya@gmail.com
Phone
+6281343489853
Journal Mail Official
ruangedukasiberjaya@gmail.com
Editorial Address
Jl. Andi Tonro 4 BTN Griya Harapan Andi Tonro Blok A No.7 Makassar, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kesehatan
ISSN : -     EISSN : 30635586     DOI : https://doi.org/10.70817/jmbk.v1i2.13
Core Subject : Economy, Science,
The Journal of Management, Business, and Health aims to provide a national platform for timely dissemination of science and in-depth analysis of science, with a primary focus on business and health management science. Focus and Scope : Business, Business Development, Entrepreneurship, Finance, Accounting, Marketing, Human Resource Development, Organizational Management, Health, Nursing, Medicine, Midwifery and Pharmacy
Articles 49 Documents
Analisis Pengaruh The Big Five Personality Terhadap Kinerja Perawat Melalui Organizational Citizenship Behavior (OCB) Sebagai Variabel Mediasi Pahriani, Rika; Pratiwi, Reski Dewi; Nuryadin, Aftiyana Ameliya
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2024): Volume. 1 No.1 2024
Publisher : Edu Berjaya Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70817/jmbk.v1i1.3

Abstract

Kinerja tenaga keperawatan masih menjadi perhatian utamanya di negara-negara berkembang seperti Indonesia, Philipina, Thailand dan Malaysia. Namun pada kenyataanya kinerja perawat di Indonesia masih cukup memprihatinkan dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Terjadinya penurunan kinerja perawat saat ini, berdampak pada rendahnya pelayanan kesehatan yang diterima masyarakat. Sehingga sebagian rumah sakit mengalami penurunan tingkat kunjungan pasien yang berdampak pada buruknya produktivitas rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh the big five personality terhadap kinerja perawat melalui OCB sebagai variabel mediasi di Rumah Sakit TK. II 14.05.01 Pelamonia Makassar. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional study. Penelitian ini dilakukan di ruang rawat inap dan ruang rawat jalan dengan sampel sebanyak 138 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung secara signifikan antara the big five personality terhadap OCB, OCB terhadap kinerja perawat dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). Tidak terdapat pengaruh secara signifikan antara the big personality terhadap kinerja perawat dengan nilai signifikansi sebesar 0,374 (>0,05). Terdapat pengaruh the big five personality terhadap kinerja perawat melalui OCB sebagai variabel mediasi dengan nilai signifikansi sebesar <0,000 (<0,05). Dapat disimpulkan bahwa OCB berpengaruh penuh sebagai variabel mediasi antara the big five personality terhadap kinerja perawat.
Pengaruh Brand Attitude Dan Karakteristik Sosiodemografi Terhadap Minat Pemanfaatan Kembali Pelayanan Pada Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Tahun 2023 Fadillah, Almaida; Mangindara; Ngkolu, Nurmulia Wunaini; Nuryadin, Afriyana Amelia
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2024): Volume. 1 No.1 2024
Publisher : Edu Berjaya Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70817/jmbk.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand attitude dan karakteristik sosiodemografi terhadap minat pemanfaatan kembali pelayanan pada pasien rawat inap di RSUD Labuang Baji Makassar tahun 2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 512 pasien, kemudian diperoleh sampel dengan menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 225 pasien dan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan accidental sampling. Analisis data digunakan adalah univariat, bivariat dengan uji chi-square dan analisis multivariat dengan uji regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kognitif (p=0,006), afektif (p=0,049), konatif p=0,047), evaluatif (p=0,044), perilaku (0,044) terhadap minat pemanfaatan kembali pelayanan. Sedangkan jenis kelamin (0,396) dan tingkat pendidikan (0,697) tidak berpengaruh terhadap minat pemanfaatan kembali pelayanan. Kemudian variabel yang paling berpengaruh terhadap minat pemanfaatan kembali pelayanan adalah kognitif (pengetahuan). Diharapkan kepada pihak rumah sakit agar meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada pasien sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan jumlah kunjungan ulang pasien
ANALISIS LOYALITAS PASIEN BERDASARKAN INDIKATOR KINERJA RAWAT INAP PASCA PANDEMI COVID-19 Azmi, Ulil; Junus, Darmawati; Samad, Mohammad Ardani; Pratiwi, Reski Dewi
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2024): Volume. 1 No.1 2024
Publisher : Edu Berjaya Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70817/jmbk.v1i1.5

Abstract

Indikator Kinerja Rawat Inap merupakan gambaran untuk mengetahui tingkat pemanfaatan, mutu, efisiensi pelayanan rawat inap dan efisiensi penggunaan tempat tidur di rumah sakit. Maka untuk mengukur dan melihat hal tersebut dilihat dari loyalitas pasien. Apalagi disituasi pasca covid-19 ini, persentase keterisian tempat tidur menurun di beberapa wilayah di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui loyalitas pasien berdasarkan indikator kinerja rawat inap pasca pandemi covid-19 di Rumah Sakit Tk. II 14.05.01 Pelamonia Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di ruang rawat inap dengan sampel sebanyak 300 responden yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner dan data sekunder rumah sakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa loyalitas pasien berdasarkan indikator Bed Occupancy Rate (BOR), Average Length Of Stay (ALOS), Turn Over Internal (TOI), Bed Turn Over (BTO), Net Death Rate (NDR) dan Gross Death Rate (GDR) berada pada kategori baik dengan jawaban responden ≥62,5%. Disarankan kepada pihak rumah sakit agar meningkatkan lagi kinerjanya khususnya kinerja rawat inap agar pasien tertarik untuk melakukan kunjungan ulang dan tetap menggunakan pelayanan yang ada di Rumah Sakit Tk. II 14.05.01 Pelamonia Makassar.
Pengaruh Managemen Complain Terhadap Loyalitas Di Moderasi Dengan Kepuasan Rauf, Rabihatun; Parenta, Mappamiring
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2024): Volume. 1 No.1 2024
Publisher : Edu Berjaya Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70817/jmbk.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Complain terhadap loyalitas serta variaabel kepuasan dapat memoderasi variabel complain terhadap loyalitas pasien. Penelitian ini diadakan di Rumah Sakit Syech Yusuf sampel pada penelitian ini berjumlah 240 responden. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode penelitian pendekatan cross sectional study. Teknik analisis yang di gunakan adalah path analysis dengan menggunakas software WarpPls 7.0. Hasil penelitian menujukkan bahwa variabel complain terhadap kepuasan berpengaruh positif dengan nilai path coeffisient nya sebesar 0.393 yang jika dipersentasikan sebesar 39,3% dan nilai P-Value nya sebesar <0.001 yang menandakan variabel complain terhadap loyalitas berpengaruh signifikan dan variabel Kepuasan signifikan memoderasi pengaruh variabel manajemen complain terhadap loyalitas dengan nilai P- Value sebesar 0.001 serta berpengaruh positif dengan nilai path coeffisient 0.387 yang apabila dipersentasikan sebesar 38,7%.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Pasolong, Harbani; Muslimin; Wahyudi, Tri
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2024): Volume. 1 No.1 2024
Publisher : Edu Berjaya Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70817/jmbk.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala Rumah Sakit Tingkat II Pelamonia Terhadap Motivasi Kerja Pegawai. Penelitian ini diadakan di Rs Tk II Pelamonia. Populasi penelitian ini berjumlah 200 orang pegawai dan ditarik 137 orang sebagai sampel. Teknik penarikan sampel adalah Propotionate Stratified Rendom Sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif data kuantitatif yang menggunakan angka-angka, mulai dari penginputan data, penafsiran data, serta penampilan hasil rekapitulasi.Hasil penelitian menujukkan bahwa variabel kepemimpinan berpengaruh terhadap motivasi pegawai dengan nilai signifikan sebesar 0,00<0,05.
Penerapan Struktur Biaya Lingkungan : Analisis Kasus Pada Rumah Sakit Islam Banjarmasin Riyadi, Padlah; Bakri Noor, Fatmawati
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kesehatan Vol. 1 No. 2 (2024): Volume. 1 No.2 2024
Publisher : Edu Berjaya Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70817/jmbk.v1i2.9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kegiatan pengelolaan sampah dan biaya lingkungan dari pelaporan biaya lingkungan di Rumah Sakit Islam Banjarmasin. Peneliti ini menggunakan paradigma kualitatif dengan desain studi kasus. Ruang lingkup penelitian adalah Unit Sanitasi Kesehatan Lingkungan dengan proses akuntansi pengelolaan lingkungan, fokus data pengelolaan limbah rumah sakit, dan pengeluaran biaya limbah. Data primer dikumpulkan melalui wawancara dan pengamatan mendalam; data sekunder, melalui dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sistem akuntansi pengelolaan lingkungan pada tahun 2019 dan 2020 menemukan biaya lingkungan yang tersembunyi dari laporan biaya pengelolaan limbah dalam Laporan Keuangan. Misalnya, laporan biaya lingkungan yang diterapkan pada Unit SKL mengungkapkan Rp 677.646.500 dan Rp 459.521.600 yang tidak disajikan sebagai biaya lingkungan pada tahun 2019 dan 2020. Penerapan akuntansi biaya lingkungan melalui pelaporan biaya lingkungan di Rumah Sakit Islam Banjarmasin mengungkapkan bahwa laporan khusus dalam akuntansi manajemen lingkungan dapat dijadikan informasi oleh manajemen Rumah Sakit Islam Banjarmasin dalam merencanakan dan mengendalikan kegiatan tanggung jawab lingkungan. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa laporan biaya lingkungan memfasilitasi arahan Rumah Sakit Islam Banjarmasin dalam mengambil keputusan terkait biaya lingkungan dan memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan bahwa rumah sakit telah bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan lingkungan
Pengaruh Enabling Factors terhadap Perilaku Pencegahan Hipertensi pada Pra Lanjut Usia Berisiko di Puskesmas Tamalate Kota Makassar Hijrah, Hijrah; Asrina, Andi
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kesehatan Vol. 1 No. 2 (2024): Volume. 1 No.2 2024
Publisher : Edu Berjaya Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70817/jmbk.v1i2.10

Abstract

WHO berkomitmen untuk menurunkan tingkat hipertensi pada lansia dengan fokus pada pendidikan kesehatan yang kuat, promosi gaya hidup sehat, dan pemberian akses yang lebih baik terhadap layanan kesehatan. Meningkatkatnya kesadaran akan risiko hipertensi, masyarakat akan lebih cenderung mengadopsi gaya hidup sehat, termasuk diet yang seimbang dan olahraga teratur, serta akan lebih aktif dalam melakukan pemeriksaan tekanan darah rutin. Masyarakat yang telah berusia lansia, menjadi rentan mengalami penyakit hipertensi, akibat dari pembuluh arteri yang kurang fleksibel lagi Dalam tiga tahun terakhir, Puskesmas Tamalate memiliki jumlah pasien dengan hipertensi tertinggi. Tahun 2021, ada 11.963 kasus hipertensi; tahun 2022, ada 12.874 kasus; dan tahun 2023, dari Januari hingga September, ada 10.158 kasus hipertensi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang dirancang sebagai studi cross-sectional. Teknik Pengumpulan sampel dilakukan menggunakan Teknik Sampling purposive terdiri dari 172 individu orang pra lanjut usia (45-59 tahun) yang berisiko mengalami hipertensi. Hasil Penelitian didapatkan tidak ada pengaruh faktor pemungkin/ enabling factors ketersediaan dan akses pelayanan kesehatan (Nd); Ada pengaruh sarana dan prasarana (0,026) terhadap perilaku pencegahan hipertensi pada pra lanjut usia berisiko. Perlu adanya kontribusi kepala dan seluruh jajaran staf Puskesmas Tamalate Kota Makassar agar sedapat mungkin menyediakan akses pelayanan kesehatan juga sarana prasarana yang menunjang kebutuhan dalam upaya pencegahan pra lansia terhadap risiko kejadian hipertensi.
Analisis Sistem Pengendalian Internal Resi Kas di RSUD Kepohbaru, Bojonegoro Handayani, Sutri; Wardana, Faizal Wahyud; Masyahdi
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kesehatan Vol. 1 No. 2 (2024): Volume. 1 No.2 2024
Publisher : Edu Berjaya Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70817/jmbk.v1i2.11

Abstract

Pentingnya sistem pengendalian internal dalam penerimaan kas untuk melindungi dari hal-hal yang merugikan uang tunai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana sistem informasi pengendalian internal dan metode penerimaan kas diterapkan di RSUD Kepohbar u Bojonegoro. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan 3 karyawan di departemen keuangan penerimaan kas di RSUD Kepohbaru. Pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Penerimaan Tunai di RSUD Kepohbaru dapat dikategorikan baik. Dan hasil Penelitian Sistem Pengendalian Internal di RSUD Kepohbaru sangat baik karena telah memenuhi lima elemen yang ditetapkan oleh COSO.
Work Life Balance Dan Beban Kerja Terhadap Turnover Intention Pada Perawat Di Instalasi Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makassar Dian, Sri; Pratiwi, Reski Dewi; Wahyudi, Tri
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kesehatan Vol. 1 No. 2 (2024): Volume. 1 No.2 2024
Publisher : Edu Berjaya Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70817/jmbk.v1i2.12

Abstract

Turnover intention merupakan sebuah masalah serius dan tidak bisa dianggap mudah dalam suatu rumah sakit. Jika suatu rumah sakit sering terjadi turnover maka akan dapat mempengaruhi stabilitas dan kualitas pelayanan. Salah satu rumah sakit yang mengalami masalah ini yaitu RSUD Haji Makassar karena banyaknya perawat yang setiap tahunnya mengalami angka turnover yang tidak stabil. Untuk menganalisis apakah ada pengaruh work-life balance dan beban kerja terhadap turnover intention pada perawat di instalasi rawat inap di rumah sakit umum daerah haji makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif pendekatan Cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini yaitu 133 perawat di instalasi rawat inap di rumah sakit umum daerah haji makassar, dengan menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan analisi chi-square dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Hasil dan kesimpulan, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh worklife balance terhadap turnover intention (p= 0,002), terdapat pengaruh beban kerja terhadap turnover intention (p =0,003), kemudian hasil uji F di peroleh (p= 0,000) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh simultan antara worklife balance dan beban kerja terhadap turnover intention pada perawat di instalasi rawat inap di RSUD Haji makassar. Saran, yaitu perawat di instalasi rawat inap dapat mempertahankan dan meningkatkan keseimbangan kehidupan kerjanya, selain itu juga peneliti menyarankan kepada pihak RSUD Haji makassar agar selalu memperhatikan beban kerja yang seimbang dan kenyamanan perawat dalam bekerja.
Peran Coder Terkait Keakuratan Pengkodean ICD-10 Pada Pelaksanaan Sistem INA-CBG’s Rumah Sakit TK. II 14.05.01 Pelamonia Makassar Ekawati, Dian; Nuryadin, Adriyana Adevia; Windarti, Sriyani; Zulfikar, Andi
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kesehatan Vol. 1 No. 2 (2024): Volume. 1 No.2 2024
Publisher : Edu Berjaya Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70817/jmbk.v1i2.13

Abstract

Dalam pelaksanaan JKN, kegiatan coder klaim BPJS Kesehatan dimulai dengan menerima dokumen rekam medis pasien BPJS dari unit assembling. Kemudian, jika ada kesalahan, dokumen tersebut dipisahkan dan dikirim ke bagian yang terkait untuk diperbaiki terlebih dahulu. Selanjutnya adalah menentukan kode penyakit dan prosedur medis. Tujuan penelitian, untuk mengetahui peran coder terkait keakuratan pengkodean ICD-10 pada pelaksanaan sistem INA-CBG’s di Rumah Sakit TK.II 14.01.05 Pelamonia Makassar. Metode ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data melakukan dengan wawancara kepada Kepala Casemix, Kepala Rekam Medis, Petugas Coder dan Petugas Rekam Medis. Hasil dan Kesimpulan menunjukkan bahwa petugas rekam medis dan petugas coder rata-rata memiliki pengalaman yang mencukupi untuk menjalankan proses pengkodean klaim BPJS, walaupun masih terdapat beberapa permasalahan yang biasa dialami petugas. Petugas coder sudah mendapatkan pendidikan yang sesuai tentang pengkodean dan beberapa petugas pernah mengikuti seminar INA-CBG’s sehingga mengetahui apa itu INA-CBG’s dan juga fungsinya. Namun, masalah yang paling umum yang dihadapi petugas coder termasuk penulisan diagnosis penyakit yang sering disingkat, perbedaan antara tindakan yang ditulis dan dilaporkan DPJP.