Pengembangan kurikulum dalam konteks pendidikan kedokteran yang efisien dan adaptif merupakan elemen krusial untuk meningkatkan standar pendidikan dan hasil pembelajaran medis. Studi ini menggali penerapan kerangka kerja 10 pertanyaan Harden yang dikenal luas untuk kemampuannya dalam merancang kurikulum pendidikan kedokteran, terutama pada Fakultas Kedokteran yang baru berdiri secara komprehensif. Kerangka kerja ini menyatukan komponen penting seperti tujuan pembelajaran, konten kurikulum, metodologi pengajaran, dan mekanisme evaluasi dalam suatu sistem yang terorganisir dan metodis. Dengan menggunakan pendekatan analitis kualitatif, penelitian ini menilai keberhasilan dan efektivitas kerangka kerja ini, memverifikasi adaptasi terhadap keperluan unik dan tantangan yang dihadapi oleh institusi pendidikan kedokteran. Temuan menunjukkan bahwa penerapan kerangka kerja Harden mengoptimalkan integrasi dan koherensi kurikulum serta memfasilitasi adaptasi yang lebih baik terhadap perubahan dan tuntutan pendidikan kedokteran kontemporer. Hasil ini menawarkan perspektif yang mendalam bagi pengembang kurikulum dan pelaku pendidikan kedokteran yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan adaptasi kurikulum dalam lingkup global.
Copyrights © 2024