Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 1 No 01 (2024)

Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 di MI Hidayatul Muflihin Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto

fitri, fitri dewi andani (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran flipped classroom. 2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung dalam penerapan pembelajaran daring, dan 3) Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran flipped classroom dalam meningkatkan pemahaman siswa mata Pelajaran Bahasa Indonesia keals 3 di MI Hidayatul Muflihin Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Analisis data hasil penelitian diperoleh dari proses mencari dan menyusun secara sistematis, data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan lapangan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Penerapan model pembelajaran flipped classroom pada kelas III yaitu dengan memanfaatkan beberapa macam aplikasi, penggunaan RPP satu lembar dan evaluasi lembar kerja tertulis yang dapat diambil dan dikumpulkan langsung ke sekolah. 2) Faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan pembelajaran daring yaitu, kurangnya efektifitas dan efisiensi waktu, minimnya antusias siswa dan minimnya siswa akan pemahaman materi. Dan Faktor pendukung pembelajaran daring yaitu, sekolah memfasilitasi wifi untuk guru di sekolah, dan siswa diberikan kuota internet gratis. 3) efektivitas Hasil belajar siswa mengalami penurunan sejak adanya pandemi covid-19. Kata Kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Pemahaman Siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

attadib

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah jurnal yang diterbitkan oleh program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian PGMI/PGSD baik kajian literatur maupun kajian ...