cover
Contact Name
Fenni yuniasari
Contact Email
fenniyuniasari@gmail.com
Phone
+6285736832530
Journal Mail Official
fenniyuniasari@gmail.com
Editorial Address
Kantor Sekretariat Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin, Jln Raya Trawas Mojosari, Dsn. Madyopuro, Ds. Kalipuro, Kec. Pungging, Kab. Mojokerto
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 3063993X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah jurnal yang diterbitkan oleh program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian PGMI/PGSD baik kajian literatur maupun kajian lapang yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dengan dua abstrak: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan September. Kami mengundang para peneliti, dosen, mahasiswa, guru, profesional, dan siapa saja untuk berbagi pengetahuan dalam bentuk naskah penelitian teorisitis dan empiris tentang PGMI/PGSD dengan Nomor ISSN 3063-993X
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 18 Documents
Implementasi Pendidikan Karakter untuk Menanamkan Nilai Peduli Sosial Sesama Berdasarkan Hadits di SD Islam Aulia Sidoarjo Nur, Wiwin
At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 01 (2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mmojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63230/attadib.v1i01.145

Abstract

Penelitian ini diambil berdasarkan permasalahan tentang bagaimana penanaman karakter peduli sosial disekolah dan bagaimana implementasi guru dalam menanamkan nilai-nilai sosial berdasarkan hadits. Dari permasalahan yang muncul bertujuan untuk membiasakan siswa-siswi mengimplementasikan nilai peduli sosial dalam lingkungan hidupnya. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif yakni penelitian yang mengandung informasi tentang pendidikan karakter siswa dalam menanamkan peduli sosial berdasarkan hadits. Adapun sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer meliputi ustadz/ustadzah dan siswa-siswi di SD Islam Aulia Sidoarjo. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah pendidikan karakter yang diterapkan ustadz/ustadzah untuk menanamkan jiwa karakter peduli sosial sesama dengan pembiasaan bershodaqoh. Kemudian dalam mengimplementasikan pendidikan karakter peduli sosial yaitu dengan mengisi kaleng infak setiap hari yang dilakukan setelah sholat dhuha. Siswa ditanamkan nilai-nilai akan betapa penting dan manfaatnya berinfak. Selanjutnya dalam penanaman nilai hadits tentang shodaqoh bahwasanya guru memberikan pembiasaan rutin ke siswa untuk melafalkan hadits hadits termasuk hadits shodaqoh setiap hari disertai dengan melafalkan surat-surat pendek, dan do’a sehari-hari. Selain itu, wali kelas dan guru pendamping selalu memberikan motivasi untuk terus belajar menjadi orang-orang yang gemar bershodaqoh dan terus menyebar kebaikan terhadap sesama.
Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 di MI Hidayatul Muflihin Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto fitri, fitri dewi andani
At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 01 (2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mmojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63230/attadib.v1i01.150

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran flipped classroom. 2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung dalam penerapan pembelajaran daring, dan 3) Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran flipped classroom dalam meningkatkan pemahaman siswa mata Pelajaran Bahasa Indonesia keals 3 di MI Hidayatul Muflihin Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Analisis data hasil penelitian diperoleh dari proses mencari dan menyusun secara sistematis, data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan lapangan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Penerapan model pembelajaran flipped classroom pada kelas III yaitu dengan memanfaatkan beberapa macam aplikasi, penggunaan RPP satu lembar dan evaluasi lembar kerja tertulis yang dapat diambil dan dikumpulkan langsung ke sekolah. 2) Faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan pembelajaran daring yaitu, kurangnya efektifitas dan efisiensi waktu, minimnya antusias siswa dan minimnya siswa akan pemahaman materi. Dan Faktor pendukung pembelajaran daring yaitu, sekolah memfasilitasi wifi untuk guru di sekolah, dan siswa diberikan kuota internet gratis. 3) efektivitas Hasil belajar siswa mengalami penurunan sejak adanya pandemi covid-19. Kata Kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Pemahaman Siswa
Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Scientific Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V Sekolah Dasar mahalil asna, megawati
At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 01 (2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mmojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63230/attadib.v1i01.152

Abstract

Banyaknya penurunan dalam hasil beIajar peserta didik diakibatkan oIeh beberapa factor yaitu factor internaI dan EksternaI. Banyak permasalahan dalam pendidikan adalah kurangnya berpikir kreatif siswa. Membentuk kreativitas siswa melalui metode pembelajaran scientific Iearning. . Penulisan jurnaI ini dapat merujuk pada pengaruh kreativitas siswa terhadap pembelajaran IPA yaitu Organ GerakHewandanManusia. .Tujuannya untuk meningkatkan dan memajukan pembelajaran lPA di SD Balongbesukkelas V. PesertaDidikSangat perlu untuk diajarkan pembentukan kreativitas kepada semua siswa, karena ini sangat penting untuk regulasi di masa depan. HasiI diskusi menunjukkan bahwa penggunaan metode digunakan dengan sangat efektif dalam kegiatan Pembelajaran lPA, langkah-langkah dalam metode ini dapat membuat aktivitas Pembelajaran yang lebih bermakna. Penerapan metode saintifik dan model pembelajaran Berdasarkan kreativitas, itu akan meningkatkan minat siswa dalam IPA, Mengembangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa dalam rangka mengantisipasi pembelajaran Mampu melatih siswa yang produktif, kreatif, inovatif dan efektif. Dengan pembelajaran menggunakan metode scientific learning peserta didik dapat mencari fakta-fakta yang sudah berhasil dikumpulkan. Mulai dari menganalisis data, mengelompokkan, mengategorikan, menyimpulkan, serta membuat prediksi/estimasi.metode ilmiah ini sangat penting bagi peserta didik karena dapat melatih mereka untuk berpikir secara ilmiah. Metode pembelajaran saintifik yang diterapkan akan meningkatkan dan menyeimbangkan hard skill dan soft skill. Jika peserta didik terbiasa mengambil keputusan berdasarkan analisis fakta yang ada sejak mereka masih muda, mereka akan dapat memecahkan masalah dengan lebih baik.
Pendidikan Akhlak Siswa Madrasah Ibtidaiyah: Konsep dan Urgensinya Di Era Globalisasi Selvi Aprianti
At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 01 (2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mmojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63230/attadib.v1i01.156

Abstract

Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang berkembang secara menyeluruh menjadikan sebuah era globalisasi yang penuh dengan kecanggihan diberbagai sector. Dampaknya segera terasa dalam berbagai bidang kehidupan manusia tidak hanya berlangsung pada aspek kehidupan yang bersifat material, akan tetapi berlanjut pada aspek non material seperti akhlak. Urgensi Implementasi Pembinaan akhlak dilakukan dalam lingkungan keluarga, masyarakat, dan Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik literature review. Tujuan dari penelitian pustaka adalah untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang materi yang didalami. Hasil dari literature review ialah Akhlak merupakan sebuah tatanan yang tertanam kuat dalam jiwa yang darinya muncul beragam perbuatan dengan mudah dan ringan, tanpa membutuhkan pemikiran dan pertimbangan dibutuhkan di era globalisasi. Peserta didik khususnya tingkat Madrasah Ibtidaiyah membutuhkan fondasi akhlak yang kuat. dan akhlak baik. Seperti pendapat Al-Ghazali dan KH Mustofa Bisri.
Harmoni Kebinekaan; Peran Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan Islam Ixfina, Ficky Dewi
At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 01 (2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mmojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63230/attadib.v1i01.168

Abstract

Penelitian ini membahas peran moderasi beragama dalam mempromosikan harmoni kebinekaan di Lembaga Pendidikan Islam, dengan fokus pada MI Al Fithrah Surabaya. Di tengah kekayaan keberagaman budaya dan agama Indonesia, harmoni kebinekaan menjadi krusial untuk menjaga stabilitas sosial dan kemajuan bangsa. Namun, tantangan seperti intoleransi, konflik antaragama, dan radikalisme menyoroti perlunya pendekatan holistik dalam mengelola keberagaman. Pada penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriftif dengan pengumpulan data berupa, wawancara mendalam, observasi partisipan, studi dokumtasi. Analisis tada berupa, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Studi ini menemukan bahwa lembaga pendidikan Islam, khususnya di tingkat dasar, memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan nilai-nilai moderat pada generasi muda. MI Al Fithrah Surabaya menunjukkan dedikasi dalam menerapkan nilai-nilai moderasi beragama melalui pembelajaran berbasis pengalaman, dialog kolaboratif, dan pendekatan praktis dalam setiap pelajaran. Namun, tantangan seperti keberagaman siswa yang berasal dari berbagai daerah menyoroti perlunya pendekatan yang memadai dalam mempromosikan harmoni kebinekaan di sekolah. Hasil penelitian ini juga memberikan pemahaman yang mendalam tentang praktik moderasi beragama di lembaga pendidikan Islam dan menyediakan landasan bagi pengembangan kebijakan dan program intervensi yang lebih efektif dalam menjaga harmoni kebinekaan di Indonesia.
UPAYA GURU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI KELAS IV MI ISLAMIYAH NGORO JOMBANG Imroatus Imroatus Sulthoniyah; Syafaatul Udhmah
At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 02 (2024)
Publisher : At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam pembelajaran menulis berbasis karakter, penerapan pembelajaran menulis berbasis karakter ketika tatap muka dan luring, serta kelebihan dan kelemahan selama penerapan di MI Islamiyah Ngoro Jombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara dan dokumentasi. Kami menggunakan teknin analisis data dari miles dan huberman. Hasil penelitian ini variasi guru dalam pembelajaran membuat jejak telapak cita-cita, kemudian pemanfaatan media visual untuk menampilkan video kisah inspiratif yang membuat pembelajaran tidak monoton dengan kegiatan membaca di buku pegangan saja. Pembelajaran daring masih belum bisa diikuti oleh keseluruhan siswa karena ada sebagian wali siswa yang belum memiliki smartphone canggih. Saran untuk guru dalam pembelajaran menulis berbasis karakter ini yang sudah berjalan baik dipertahankan dan ditingkatkan lagi kreasinya agar siswa tetap tertarik dalam menulis. Bagi sekolah, menjadi bahan pertimbangan dalam mengembangkan pembelajaran menulis berbasis karakter yang lebih baik bagi siswa untuk kedepannya. Bagi peneliti selanjutnya yang melaksanakan penelitian dengan tema serupa untuk bisa menemukan dan mengembangkan pembelajaran menulis dengan berbasis karakter yang lebih baik.
Implementasi Keterampilan Abad 21 pada Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran IPS di MI Al Fithrah Surabaya Maraqonitatillah Ela; Ficky Dewi Ixfina
At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 02 (2024)
Publisher : At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam menyongsong provokasi saat ini, sektor pendidikan memiliki peran andil penting dalam meningkatkan keterampilan siswa, termasuk keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaborasi, dan komunikasi sangat krusial dalam membantu siswa beradaptasi dengan perubahan zaman saat ini. Berbagai terobosan baru dilakukan oleh pemerintah, yakni diperkenalkannya kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana implementasi keterampilan abad 21 pada kurikulum merdeka melalui pembelajaran IPS di MI Al Fithrah Surabaya serta faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhinya. Metode pada peneltitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum merdeka yang diterapkan melalui pembelajaran  IPS di MI Al Fithrah efektif dalam meningkatkan dan mengembangkan keterampilan 4C siswa. Pendekatan IPS ini mendorong siswa untuk berpikir kritis, bekerja sama, komunikasi, dan kreatif dalam menghadapi tantangan di lingkungan sekitar. Kajian tersebut menekankan pentingnya kompetensi guru, sarana dan prasarana dan evaluasi keterampilan 4C melalui assembly atau festival learning. Selain itu, hambatan yang ditemukan dalam implementasi keterampilan 4C antara lain kurangnya perhatian orang tua terhadap keterampilan 4C diluar lingkungan sekolah, serta perbedaan gaya belajar dan kesulitan dalam mengelompokkan siswa karna keragaman budaya. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa implementasi abad 21 pada kurikulum merdeka melalui pembelajaran IPS di MI Al Fithrah Surabaya dinilai baik dalam menunjang capaian akademik keterampilan abad 21 dengan presentase 53,85% dengan cara ini, siswa dapat lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan siap menghadapi era saat ini.
PENGARUH TEKNIK RELAKSASI (PROGRESSIVE MUSCLE RELAXATION) DALAM MENGURANGI KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN MATEMATIKA DI SMPN 14 JEMBER Anis Sakinaul Awaliyah
At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 02 (2024)
Publisher : At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana teknologi relaksasi progressive muscle relaxation dapat membantu siswa di SMPN 14 Jember mengurangi rasa cemas saat mengikuti ujian matematika. Penelitian semacam ini bersifat kuantitatif. Delngan sampell belrjumlah tujuh orang, maka populasinya telrdiri dari siswa kellas 8A Jember. teknik pengumpulan data yang melibatkan kuesioner dan wawancara. Kuesioner divalidasi dan diperiksa reliabilitasnya sebelum didistribusikan. Wilcoxon Match Pairs Test merupakan metode analisis data yang diterapkan. Temuan penyelidikan adalah: progressive muscle relaxation, suatu teknik relaksasi, terbukti membantu siswa di SMPN 14 Jember mengurangi rasa cemas sebelum ujian matematika. Hal ini dianjurkan setelah terapi teknik progressive muscle relaxation. Ketika tingkat kecemasan siswa diukur pada saat sebelum dan sesudah tes, rata-rata skor perhitungannya turun. Nilai rata-rata pada pretest adalah 237,7, nilai rata-rata pada posttest adalah 132,3, dan selisih antara kedua nilai tersebut adalah 105,4. Uji berpasangan Wilcoxon digunakan untuk menganalisis data dan mendapatkan nilai asimtotik. Hipotesis (disetujui) menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan tingkat kecemasan siswa menjelang ujian matematika karena nilai Sig (dua sisi) sebesar 0,008 kurang dari 0,05. Metode teknik progressive muscle relaxation bermanfaat dalam menurunkan kecemasan siswa menjelang ujian matematika di SMPN 14 Jember berdasarkan hasil perhitungan.
Kenali Diri pada Fase Adolescence dan Optimalkan Potensial pada Dunia Pendidikan Nur Arofah; Khoirunnisa’il Fitriyah
At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 02 (2024)
Publisher : At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya pengenalan diri pada remaja awal tingkat SMP dan bagaimana hal ini dapat mengoptimalkan potensi mereka dalam dunia pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan 30 siswa dari tiga sekolah menengah pertama di Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki pemahaman yang baik tentang diri mereka cenderung lebih aktif dalam berpartisipasi dalam kegiatan kelas dan ekstrakurikuler. Selain itu, dukungan dari guru dan orang tua terbukti berkontribusi signifikan terhadap pengembangan potensi siswa. Penelitian ini juga menemukan bahwa keterlibatan dalam kegiatan ekstrakurikuler dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa, yang pada gilirannya mendorong pencapaian akademik yang lebih baik. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan program pendidikan yang lebih efektif dalam mengenali dan mengoptimalkan potensi remaja.
MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN DI SDI AL HUDA KOTA KEDIRI Nasikhah, Khafidhotun
At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 02 (2024)
Publisher : At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengelolaan layanan pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan sesuai standar merupakan salah satu penunjang pembelajaran hasil di sekolah. Guru harus memperhatikan penggunaan sarana dan prasarana agar bermanfaat dalam kegiatan pembelajaran. Hasil pengamatan manajemen sarana prasarana sekolah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di SDI Al Huda Kediri terdiri dari: a.) Diawali dengan observasi dan analisis terperinci untuk disimpulkan menjadi program kerja untuk didiskusikan pada forum. b.) Rapat kecil yang terdiri dari pimpinan dan wakil kepala sekolah untuk membahas program kerja yang sudah di jalani dan mencari solusi dari permasalahan. c.) Rapat sedang yang di hadiri semua jajaran guru untuk mengevaluasi program kerja yang sudah dijalankan. d.) Rapat besar yang melibatkan semua unsur pimpinan, guru dan staf sebagai asas musyawarah dan menjadi bahan pertimbangan jika terdapat masukan-masukan. e.) Implementasi program dan evaluasi

Page 1 of 2 | Total Record : 18