Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi
Vol. 8 No. 2 (2024): DIDAKTIKA BIOLOGI

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA KOTA SUNGAI PENUH PADA KONTEN BIOLOGI

Dewi Mulyani (Instutut Agama Islam Negeri Kerinci)
Dharma Ferry (Institut Agama Islam Negeri Kerinci)
Emayulia Sastria (Institut Agama Islam Negeri Kerinci)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2024

Abstract

Keahlian literasi sains sangat penting bagi siswa untuk menilai sejauh mana penerapan konsep ilmiah dalam materi Biologi. Pemahaman yang mendalam tentang konten Biologi akan memberikan wawasan mengenai efektivitas pembelajaran biologi dan memungkinkan pengembangan strategi pembelajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains siswa dalam konteks pembelajaran biologi. Instrumen yang digunakan adalah angket yang berfokus pada isu literasi sains khususnya dalam mata pelajaran biologi yang dikembangkan oleh Laugksch. Metode yang diterapkan adalah Kuantitatif Deskriptif, dengan pengolahan data menggunakan aplikasi JASP. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa SMA di Kota Sungai Penuh, dengan 230 siswa sebagai sampel yang terlibat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 76,96% siswa memiliki kemampuan literasi sains yang tinggi, 22,61% memiliki kemampuan sedang, dan hanya 0,43% yang menunjukkan kemampuan rendah. Siswa laki-laki memperoleh nilai minimum 42 dan maksimum 96, sementara siswa perempuan memiliki nilai minimum 23 dan maksimum 100. Secara keseluruhan, mayoritas siswa SMA di Kota Sungai Penuh menunjukkan kemampuan literasi sains yang tinggi berdasarkan data yang dikumpulkan melalui soal yang disebarkan di dua SMA di kota tersebut. Oleh karena itu, metode pengajaran perlu ditingkatkan agar dapat lebih mendukung literasi sains siswa secara optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktikabiologi

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Didaktika Biologi: 1. Motivation, perception and profiles of educators and learners in learning process and biological learning 2. Development and application of learning sources and media 3. Design of biological learning 4. Application of biological learning in schools (classroom ...