JIMAD : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 2 No. 1 (2024): JIMAD : Jurnal Ilmiah Multidisiplin (Oktober)

Efektivitas Metode Crossword Puzzle Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Panyiwi

Febrianti, A. Irma (Unknown)
Sarea, Muh. Syahrul (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode crossword puzzle terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Panyiwi. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Adapun sampel dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelas, yaitu kelas VII dengan jumlah 26 siswa, 12 laki-laki dan 14 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes, lembar observasi dan list cheklist. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat efektivitas metode crossword puzzle terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Panyiwi. Hal ini dibuktikan dengan data keaktifan belajar memperoleh rata-rata nilai 91% dengan kriteria sangat aktif. Selain itu, hasil uji hipotesis diperoleh nilai nilai terhitung > ttabel (12.178> 2,059).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIMAD

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JIMAD : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh Asosiasi Guru dan Dosen Seluruh Indonesia. JIMAD : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Kesehatan, Agama, Teknologi dan Multimedia, Teknik, Kebijakan Publik, ...