Dahlia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 1 (2023): Dahlia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Laurensia M. Perangin-angin (Universitas Negeri Medan)
Lely Anggraini (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2023

Abstract

Pembelajaran Berbasis Etnosains Di Sekolah Dasar. Etnosains merupakan strategi penciptaanlingkungan belajar dan perancangan pengalaman belajar yang mengintegrasikan budaya sebagaibagian dari proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Pengintegrasian etnosains dalam pembelajarandapat menggambarkan secara jelas kekhasan materi ajar, ruang kelas, lingkungan belajar, metodepembelajaran maupun pendekatan pembelajaran yang berbasis budaya. Proses pembelajaran akanefektif jika etnosains diintegrasikan kedalam tema-tema pembelajaran sebagai tema pokokpembelajaran. Misalnya tentang pengetahuan budaya yang berkaitan ritual adat, tanaman obatobatan tradisional, rumah adat, dan pengetahuan budaya lainnya yang relevansi dengan temapembelajaran. Etnosains dapat diimplementasikan melalui metode pembelajaran yang berpusatpada siswa melalui metode problem based learning (PBL), project based learning (PjBL),discovery, inkuiri, dan keterampilan proses. Dengan pengintegrasian etnosains maka pembelajaranyang berlangsung bukan saja menggali pengetahuan deklaratif siswa, tetapi juga pengetahuanprosedural yang mengacu pada konstruktivisme.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dahlia

Publisher

Subject

Education

Description

Dahlia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Terbit setiap setahun dua sekali dalam melalui mekanisme In Press Publications. Dahlia diterbitkan dua kali setahun (Juni dan Desember). Jurnal ini berfokus pada hasil terbaru penelitian dalam pendidikan, yang memiliki nilai-nilai baru di bidang pendidikan, ...