Mahasiswa tingkat akhir di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang sedang proses mengerjakan skripsi sering mengalami hal-hal seperti lelah, pusing, cemas, kesulitan menemukan judul skripsi, dan kesulitan menemukan literatur, yang dapat menimbulkan rasa tertekan yang tinggi dan mengganggu aktivitas sehari-hari, dalam istilah psikologi disebut stres akademik. Salah satu faktor yang mempengaruhi stres akademik adalah dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dukungan sosial terhadap stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir prodi psikologi sebanyak 237 mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 150 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial dan skala stres akademik. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan 19 aitem untuk skala stres akademik yang memiliki koefisien validitas yang berkisar dari 0.002 sampai 0.000, sedangkan untuk skala dukungan sosial menggunakan 19 aitem yang memiliki koefisien validitas yang berkisar dari 0.015 sampai dengan 0.000. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana diperoleh nilai F sebesar 82,905 dengan signifikansi (Sig) sebesar 0,000 karena nilai Sig. < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dukungan sosial terhadap stres akademik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial (X) berpengaruh terhadap stres akademik (Y), yang artinya ada pengaruh dukungan sosial terhadap stres akademik mahasiswa tingkat akhir di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Copyrights © 2023