Afeksi: Jurnal Psikologi
Vol. 1 No. 1 (2022): Afeksi: Jurnal Psikologi

PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SDN DI KECAMATAN KEDUNGKANDANG, KOTA MALANG

Riqi Athoillah (Universitas Yudharta Pasuruan)
Abdul Amin (Universitas Yudharta Pasuruan)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2023

Abstract

Menjadi seorang guru yang efektif tidak hanya memerlukan landasan pengetahuan dan kemampuan yang kokoh, tetapi juga kemauan yang kuat untuk berhasil disertai dengan motivasi berprestasi yang tinggi untuk menunjang kinerja guru yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah motivasi berprestasi guru SDN berpengaruh terhadap Kinerja guru di Kecamatan Kedung Kota Malang. Metodologi penelitian ini menggunakan kuantitatif. Populasi yang diambil adalah seluruh guru SDN di Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang yang berjumlah 552 orang dilibatkan dalam penelitian ini. Sampel yang diambil berjumlah 226 guru yang dilibatkan dalam penelitian ini. Skala motivasi berprestasi dan kinerja guru digunakan sebagai alat pengumpulan data. Metode analisis data menggunakan regresi. Dari hasil perhitungan diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,000 diperoleh dengan menggunakan analisis regresi dasar, menghasilkan nilai F sebesar 169,957. Tingkat signifikansi (Sig) kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi berprestasi (X) berpengaruh terhadap kinerja guru (Y), yang artinya ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SDN di Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Afeksi: Jurnal Psikologi yang berfokus pada psikologi manusia, diterbitkan oleh Anfa Mediatama. Artikel yang dimuat dalam jurnal ini merupakan hasil penelitian atau kajian ilmiah terkini yang kritis dan komprehensif. Kami mengundang para peneliti atau praktisi untuk membahas masalah ...