Afeksi: Jurnal Psikologi
Vol. 3 No. 3 (2024): Afeksi: Jurnal Psikologi

PSIKOEDUKASI PENCEGAHAN BULLYING MELALUI PENINGKATAN SELF-AWARENESS PADA SISWA SMKN 3 GOWA

Andi Arif Abdillah (Universitas Negeri Makassar)
Andi Aulia Farhan (Universitas Negeri Makassar)
Syarifah Ummu Budur (Universitas Negeri Makassar)
Verawaty Almur (Universitas Negeri Makassar)
Widya Pratiwi (Universitas Negeri Makassar)
Rohmah Rifani (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2024

Abstract

Perilaku bullying di lingkungan sekolah masih menjadi masalah signifikan meskipun berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasinya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan psikoedukasi sebagai metode intervensi untuk mencegah bullying melalui peningkatan self-awareness pada siswa SMK Negeri 3 Gowa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-test dan post-test. Partisipan dalam kegiatan ini sebanyak 34 siswa dari kelas 10 dan 11. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa tentang bullying dan self-awareness setelah diberikan materi psikoedukasi, dengan nilai rata-rata pre-test 34,12 meningkat menjadi 62,02 pada post-test. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 menunjukkan bahwa program psikoedukasi yang dilakukan efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang pencegahan bullying melalui peningkatan self-awareness. Program psikoedukasi yang dilakukan juga mendapat respon positif dari peserta, yang merasa kegiatan ini bermanfaat untuk menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan nyaman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Afeksi: Jurnal Psikologi yang berfokus pada psikologi manusia, diterbitkan oleh Anfa Mediatama. Artikel yang dimuat dalam jurnal ini merupakan hasil penelitian atau kajian ilmiah terkini yang kritis dan komprehensif. Kami mengundang para peneliti atau praktisi untuk membahas masalah ...