Perilaku bullying di lingkungan sekolah masih menjadi masalah signifikan meskipun berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasinya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan psikoedukasi sebagai metode intervensi untuk mencegah bullying melalui peningkatan self-awareness pada siswa SMK Negeri 3 Gowa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-test dan post-test. Partisipan dalam kegiatan ini sebanyak 34 siswa dari kelas 10 dan 11. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa tentang bullying dan self-awareness setelah diberikan materi psikoedukasi, dengan nilai rata-rata pre-test 34,12 meningkat menjadi 62,02 pada post-test. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 menunjukkan bahwa program psikoedukasi yang dilakukan efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang pencegahan bullying melalui peningkatan self-awareness. Program psikoedukasi yang dilakukan juga mendapat respon positif dari peserta, yang merasa kegiatan ini bermanfaat untuk menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan nyaman.
Copyrights © 2024