Prosiding Dedikasi: Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2024): PROSIDING DEDIKASI MARET

PENERAPAN METODE FONIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI ANAK USIA DINI

Nuranisa (Unknown)
Usaripah , Nida (Unknown)
Fiyah Nur, Al (Unknown)
Rima Indira, Heidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2024

Abstract

Bahasa Inggris bukan hanya menjadi bahasa asing atau bahasa internasional yang dipelajari di sekolah mulai tingkat PAUD (BIDANG PEMBINAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI) sampai tingkat berikutnya. Kecenderungan masyarakat akan penguasaan bahasa asing tersebut, membuat berbagai lembaga pendidikan saling berlomba membuat program yang memasukkan Bahasa Inggris sebagai salah satu keahlian yang dikembangkan, khususnya bagi anak usia dini. Untuk itu, beberapa lembaga PAUD atau TK berlomba untuk memasukkan Bahasa Inggris dalam kurikulum mereka. Anak-anak yang berada di PAUD Persoalannya adalah pelajaran Bahasa Inggris untuk PAUD menuntut penanganan khusus yang berbeda dengan pelajaran kepada kelompok umur yang lain. Metode fonik adalah tawaran model pembelajaran bahasa untuk anak usia dini dan dikembangkan dengan mengoptimalkan seluruh keterampilan berbahasa, menyimak, berbicara, menulis dan membaca. Metode ini menekankan pada pelajaran alfabet yang diberikan terlebih dahulu kepada anak- anak, mempelajari nama-nama huruf dan bunyinya. Setelah mereka mempelajari bunyi huruf mereka akan mulai merangkum beberapa huruf tertentu untuk membentuk kata- kata. (Virdyna, 2015). Kata Kunci: pendidikan anak; keterampilan berbahasa; pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PD

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Prosiding Dedikasi is a proceeding that publishes the results of community service activities by students. The writings contained are the results of analysis, implementation of science and technology or reflections on community service activities that can solve problems that exist in the community ...