Praktik Pemasangan kabel UTP memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi terutama pada siswa pemula. Penelitian ini berfokus pada praktik siswa KELAS XI TKJ SMK Negeri 1 Bengkayang untuk mengevaluasi keterampilan siswa dalam praktik pemasangan kabel UTP. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa KELAS XI TKJ Smk Negeri 1 Bengkayang pada semester genap 2020/2021 yang berjumlah 36 orang. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil keterampilan siswa dalam praktik sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Metode yang digunakan adalah metode tutor sebaya (peer teaching). Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil praktik dan observasi. Hasil praktik pada siklus I terdapat 12 dari 36 siswa yang berhasil memasang kabel UTP dengan baik dan benar dan pada siklus II terdapat peningkatan menjadi 31 dari 36 siswa yang berhasil memasang kabel UTP dengan baik dan benar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil praktik pemasangan kabel UTP.
Copyrights © 2024