cover
Contact Name
Irwansyah Suwahyu
Contact Email
irwansyahsuwahyu@unm.ac.id
Phone
+6285656227888
Journal Mail Official
fakhri@unm.ac.id
Editorial Address
JL. Daeng Tata Raya, Kel. Parangtambung, Kec. Tamalate, Kota Makassar , Kode Pos 90244
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education
ISSN : -     EISSN : 30628415     DOI : -
Jurnal CIVE is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University. The CIVE journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or critical studies in the field of Informatics and Computer Engineering Education from students, lecturers, and practitioners from universities or research institutions. CIVE Journal contains articles on informatics and computer engineering education in particular: Instructional Technology and Vocational Multimedia Learning, E-learning or blended learning, Information System, artificial intelligence dan robotics, embedded expert system, big data dan machine learning, software dan network engineering
Articles 54 Documents
Peningkatan Hasil Praktik Pemasangan Kabel UTP Dengan Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Bengkayang Benedikta Ango; Muh. Yusuf Mappeasse; Muh. Nasrun
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education Volume 1 Issue 1, March (2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Praktik Pemasangan kabel UTP memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi terutama pada siswa pemula. Penelitian ini berfokus pada praktik siswa KELAS XI TKJ SMK Negeri 1 Bengkayang untuk mengevaluasi keterampilan siswa dalam praktik pemasangan kabel UTP. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa KELAS XI TKJ Smk Negeri 1 Bengkayang pada semester genap 2020/2021 yang berjumlah 36 orang. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil keterampilan siswa dalam praktik sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Metode yang digunakan adalah metode tutor sebaya (peer teaching). Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil praktik dan observasi. Hasil praktik pada siklus I terdapat 12 dari 36 siswa yang berhasil memasang kabel UTP dengan baik dan benar dan pada siklus II terdapat peningkatan menjadi 31 dari 36 siswa yang berhasil memasang kabel UTP dengan baik dan benar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil praktik pemasangan kabel UTP.
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Desain Grafis Secara Daring Menggunakan Software Berbasis Android Ari Soesilo Wandrio; Maya Sari Wahyuni; Muh. Aries
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education Volume 1 Issue 1, March (2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Cendekia Madiun menunjukkan kurangnya motivasi belajar siswa ketika mengikuti pelajaran desain grafis secara daring. Hal ini disebabkan karena sebagian besar siswa tidak memiliki laptop sebagai sarana praktik. Saat pembelajaran berlangsung siswa hanya belajar secara teori dan melihat demonstrasi penggunaan software desain yang dilakukan guru. Siswa tidak dapat melakukan praktik desain grafis secara mandiri. Berdasarkan hasil observasi tersebut, guru harus mencari alternatif software pengganti supaya siswa tetap dapat melaksanakan praktik desain grafis tanpa harus menggunakan laptop, tetapi cukup memanfaatkan smartphone android yang dimiliki siswa dengan menginstall software desain berbasis android. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang memanfaatkan data kuantatif untuk kemudian dijabarkan secara deskriptif. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif menggambarkan kondisi apa adanya, tanpa memberi perlakuan atau manipulasi pada variabel yang diteliti. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI. Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penelitian ini meliputi identifikasi permasalahan untuk dipecahkan melalui metode deskriptif kuantitatif, membatasi dan merumuskan permasalahan secara jelas, menentukan tujuan dan manfaat penelitian, melakukan studi pustaka yang berkaitan dengan permasalahan. Hasil akhir dari penelitian ini menghasilkan seberapa besar pengaruh penggunaan software berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK Cendekia Madiun dalam pembelajaran desain grafis secara daring.
Penerapan PBL Berbantuan LKPD Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas X TKJ Ni Nyoman Seri Dewi; Abdul Muis Mappalotteng; Yuliati Hafid
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education Volume 1 Issue 1, March (2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran online pada masa pandemi memerlukan model dan LKPD yang membantu peserta didik belajar secara mandiri, sekaligus membantu peserta didik tetap merasakan kehadiran sosok guru. Untuk itu diperlukan inovasi dari guru agar dapat menyajikan pembelajaran yang interaktif dan bermakna. Salah satu model pembelajaran yang dapat diaplikasikan adalah PBL (Problem Based Learning) dimana peserta didik diberikan suatu masalah untuk dipecahkan secara kelompok atau individu. Untuk mempermudah peserta didik dalam memecahkan masalah, guru memberikan LKPD. Pembelajaran akan berhasil optimal jika peserta didik secara antusias mengikuti setiap prosesnya, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan LKPD. Setelah melalui praktik kegiatan pembelajaran, guru merasakan adanya peningkatan dan perubahan yang positif dan lebih baik terkait proses pembelajaran yang dilakukan. Setiap kegiatan pembelajaran akan selalu muncul berbagai permasalahan yang unik dan bersifat tidak terduga. Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat banyak faktor yang saling mempengaruhi. Oleh karena itu, sebagai seorang pendidik sangat ditekankan untuk senantiasa melakukan refleksi diri. Dengan maksud, agar pendidik mengetahui secara pasti permasalahan yang muncul, faktor penyebab permasalahan serta alternatif solusi dalam menyelesaikan masalah tersebut. Dengan demikian, pendidik dapat secara berkelanjutan meningkatkan kualitas dari proses pembelajaran yang dilakukan
Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Dan Problem Solving Melalui Pendekatan Belajar Project Base Learning Martinus Mai; Muh. Yusuf Mappeasse; Muh. Nasrun
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education Volume 1 Issue 1, March (2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, diperoleh data bahwa kemampuan menalar siswa sangat rendah terutama dalam troubleshooting. Peserta didik cenderung pasif dan kurang aktif dalam mencari refrensi baik dari internet maupun sumber lain, oleh karena itu diharapkan guru lebih aktif untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul. Berdasarkan permasalahan tersebut, dipandang perlu untuk dilakukan penelitian yang dapat mendorong siswa agar memiliki keterampilan metakognitif dan keterampilan problem solving melalui pendekatan project base learning. Tujuan penulisan adalah untuk mengkaji apakah terdapat hubungan yang signifikan antara metode belajar project base learning dengan keterampilan metakognitif dan problem solving. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode kuantitatif merupakan kegiatan investigasi sistematis terhadap fenomena dengan mengumpulkan data yang dapat diukur dengan melakukan teknik statistik, matematika atau komputasi, untuk melihat seberapa signifikan hubungan antara solusi yang ditawarkan dengan masalah yang muncul. Penerapan meteode belajar dengan pendekatan project base learning mampu meningkatkan keterampilan metakognitif siswa dan dapat meningkatkan keterampilan problem solving. Upaya meningkat keterampilan metakogniktif dan problem solving, guru harus memanfaat gaya pembelajaran abad 21, serta memperhatikan karakteristik peserta didik, serta mendorong keterampilan abad 21, pengembangan pendidikan karakter serta memiliki pribadi yang berorientasi sains
Penggunaan Aplikasi Google Classroom Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Bimbingan TIK Ni Luh Gede Sri Yuliastini; Maya Sari Wahyuni; Muh. Aries
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education Volume 1 Issue 1, March (2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII A SMP Negeri 3 Abiansemal dengan memanfaatkan aplikasi google classroom pada pembelajaran Bimbingan TIK Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Abiansemal yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian adalah hasil belajar peserta didik terhadap penggunaan aplikasi google classroom. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi google classroom dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bimbingan TIK kelas VII A di SMP Negeri 3 Abiansemal Tahun Pelajaran 2020/2021 dibuktikan dengan hasil tes akhir siklus I dengan presentase ketuntasan sebesar 68,75 % sedangkan pada akhir siklus II meningkat menjadi 90,62%. Hal ini menunjukkan bahwa target persentase ketuntasan peserta didik telah melebihi dari nilai batas minimal
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan di SMK Tridharma MKGR Maros Al Imran; Iwan Suhardi; Muh Dahlan Dahlan
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education Volume 1 Issue 2, July(2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan di SMK Tridharma MKGR Maros. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan pengembangan model 4-D. Subjek pada penelitian ini adalah Siswa SMK Tridharma MKGR Maros. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui lembar uji validasi, angket, dan instrumen penilaian hasil penggunaan modul. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif administrasi sistem jaringan berbasis Articulate Storyline di SMK Tridharma MKGR Maros memenuhi kriteria valid dengan hasil 87% validasi ahli media, 88% validasi ahli materi, dan 86% untuk uji respon pengguna dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif administrasi sistem jaringan berbasis Articulate Storyline di SMK Tridharma MKGR Maros diterima dan dapat digunakan sebagai media pemeblajaran pada saat proses pembelajaran dikelas.
Pengaruh Kinerja Dosen terhadap Kepuasan Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Muh. Farid Syamsuar; Jamaluddin; Massikki
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education Volume 1 Issue 2, July(2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja dosen terhadap kepuasan mahasiswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan jenis data ex-post facto dan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Variabel bebas dalam penelitan ini adalah kinerja dosen (X), sementara variabel terikat adalah kepuasan mahasiswa (Y). Penelitian ini dilaksanakan di lingkup Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, dimulai pada bulan Maret – April 2024. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2020 - 2022 yang diambil menggunakan sample random sampling berjumlah 90 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan yakni analisis deskriptif, uji normalitas, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000, serta nilai yang didapatkan Y = 14,636 + 0,900X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kinerja dosen terhadap kepuasan mahasiswa dalam proses pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.
Penerapan Model Pembelajaran Structured Dyadic Methods Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan Indah Azizah
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education Volume 1 Issue 2, July(2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam penelitian ini, tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X di SMK melalui penerapan model pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM). Hal ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar peserta didik, di mana nilai mereka belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang diterapkan oleh sekolah yaitu 75. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penerapan model pembelajaran SDM melibatkan interaksi antar peserta didik dengan peran “tutor” dan “tutee”. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar dan observasi keaktifan belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SDM dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus 1, rata-rata nilai hasil belajar peserta didik adalah 75 dengan persentase ketuntasan 65%. Pada siklus 2, rata-rata nilai hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 86 dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Selain dari hasil belajar peserta didik yang meningkat, partisipasi dan antusiasme peserta didik juga meningkat selama proses pembelajaran. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran SDM terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran PjBL pada Materi Pembelajaran VOIP A. Azwar Syahrul Syakrani
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education Volume 1 Issue 2, July(2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran VoIP (Voice over Internet Protocol). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain siklus ganda, yang melibatkan intervensi PjBL selama dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII di sebuah sekolah menengah di Indonesia. Data keaktifan siswa dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL secara signifikan meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran VoIP. Peningkatan keaktifan siswa diamati dari siklus pertama ke siklus kedua, dengan peningkatan sebesar 14,8%. Temuan ini menunjukkan bahwa PjBL dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam mempromosikan keterlibatan siswa dan memperkaya pengalaman pembelajaran mereka dalam konteks materi teknis seperti VoIP. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya penerapan model pembelajaran yang inovatif dan berbasis proyek dalam meningkatkan partisipasi siswa dan hasil pembelajaran mereka dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.
Implementasi Computational Thinking Mata Pelajaran Informatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X PPLG SMKN 7 Makassar Nurlinda Pratama Hakim
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education Volume 1 Issue 2, July(2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

implementasi computational thinking untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X PPLG SMKN 7 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas X PPLG SMK Negeri 7 Makassar sebelum penerapan metode Computational thinking, peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan metode Computational Thinking Kelas X PPLG SMK Negeri 7 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan menggunakan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan ini menunjukkan bahwa sebelum penerapan metode Computational Thinking hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran informatika memiliki hasil belajar yang rendah. Kemudian setelah dilakukan Penerapan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Computational Thinking dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X PPLG SMK Negeri 7 Makassar pada mata pelajaran Informatika. Hal ini berdasarkan data hasil nilai belajar peserta didik sebelum dan setelah implementasi computational thinking.