Pembelajaran online pada masa pandemi memerlukan model dan LKPD yang membantu peserta didik belajar secara mandiri, sekaligus membantu peserta didik tetap merasakan kehadiran sosok guru. Untuk itu diperlukan inovasi dari guru agar dapat menyajikan pembelajaran yang interaktif dan bermakna. Salah satu model pembelajaran yang dapat diaplikasikan adalah PBL (Problem Based Learning) dimana peserta didik diberikan suatu masalah untuk dipecahkan secara kelompok atau individu. Untuk mempermudah peserta didik dalam memecahkan masalah, guru memberikan LKPD. Pembelajaran akan berhasil optimal jika peserta didik secara antusias mengikuti setiap prosesnya, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan LKPD. Setelah melalui praktik kegiatan pembelajaran, guru merasakan adanya peningkatan dan perubahan yang positif dan lebih baik terkait proses pembelajaran yang dilakukan. Setiap kegiatan pembelajaran akan selalu muncul berbagai permasalahan yang unik dan bersifat tidak terduga. Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat banyak faktor yang saling mempengaruhi. Oleh karena itu, sebagai seorang pendidik sangat ditekankan untuk senantiasa melakukan refleksi diri. Dengan maksud, agar pendidik mengetahui secara pasti permasalahan yang muncul, faktor penyebab permasalahan serta alternatif solusi dalam menyelesaikan masalah tersebut. Dengan demikian, pendidik dapat secara berkelanjutan meningkatkan kualitas dari proses pembelajaran yang dilakukan
Copyrights © 2024