Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja dosen terhadap kepuasan mahasiswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan jenis data ex-post facto dan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Variabel bebas dalam penelitan ini adalah kinerja dosen (X), sementara variabel terikat adalah kepuasan mahasiswa (Y). Penelitian ini dilaksanakan di lingkup Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, dimulai pada bulan Maret – April 2024. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2020 - 2022 yang diambil menggunakan sample random sampling berjumlah 90 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan yakni analisis deskriptif, uji normalitas, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000, serta nilai yang didapatkan Y = 14,636 + 0,900X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kinerja dosen terhadap kepuasan mahasiswa dalam proses pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.
Copyrights © 2024