Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education
Volume 1 Issue 2, July(2024)

Penerapan Model Pembelajaran Structured Dyadic Methods Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

Indah Azizah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2024

Abstract

Dalam penelitian ini, tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X di SMK melalui penerapan model pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM). Hal ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar peserta didik, di mana nilai mereka belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang diterapkan oleh sekolah yaitu 75. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penerapan model pembelajaran SDM melibatkan interaksi antar peserta didik dengan peran “tutor” dan “tutee”. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar dan observasi keaktifan belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SDM dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus 1, rata-rata nilai hasil belajar peserta didik adalah 75 dengan persentase ketuntasan 65%. Pada siklus 2, rata-rata nilai hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 86 dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Selain dari hasil belajar peserta didik yang meningkat, partisipasi dan antusiasme peserta didik juga meningkat selama proses pembelajaran. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran SDM terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

CIVE

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal CIVE is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University. The CIVE journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or critical studies in the field of Informatics and Computer ...