Dalam penelitian ini, tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X di SMK melalui penerapan model pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM). Hal ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar peserta didik, di mana nilai mereka belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang diterapkan oleh sekolah yaitu 75. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penerapan model pembelajaran SDM melibatkan interaksi antar peserta didik dengan peran “tutor” dan “tutee”. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar dan observasi keaktifan belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SDM dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus 1, rata-rata nilai hasil belajar peserta didik adalah 75 dengan persentase ketuntasan 65%. Pada siklus 2, rata-rata nilai hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 86 dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Selain dari hasil belajar peserta didik yang meningkat, partisipasi dan antusiasme peserta didik juga meningkat selama proses pembelajaran. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran SDM terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2024