Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education
Volume 1 Issue 2, July(2024)

Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran PjBL pada Materi Pembelajaran VOIP

A. Azwar Syahrul Syakrani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran VoIP (Voice over Internet Protocol). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain siklus ganda, yang melibatkan intervensi PjBL selama dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII di sebuah sekolah menengah di Indonesia. Data keaktifan siswa dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL secara signifikan meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran VoIP. Peningkatan keaktifan siswa diamati dari siklus pertama ke siklus kedua, dengan peningkatan sebesar 14,8%. Temuan ini menunjukkan bahwa PjBL dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam mempromosikan keterlibatan siswa dan memperkaya pengalaman pembelajaran mereka dalam konteks materi teknis seperti VoIP. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya penerapan model pembelajaran yang inovatif dan berbasis proyek dalam meningkatkan partisipasi siswa dan hasil pembelajaran mereka dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

CIVE

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal CIVE is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University. The CIVE journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or critical studies in the field of Informatics and Computer ...