Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran VoIP (Voice over Internet Protocol). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain siklus ganda, yang melibatkan intervensi PjBL selama dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII di sebuah sekolah menengah di Indonesia. Data keaktifan siswa dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL secara signifikan meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran VoIP. Peningkatan keaktifan siswa diamati dari siklus pertama ke siklus kedua, dengan peningkatan sebesar 14,8%. Temuan ini menunjukkan bahwa PjBL dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam mempromosikan keterlibatan siswa dan memperkaya pengalaman pembelajaran mereka dalam konteks materi teknis seperti VoIP. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya penerapan model pembelajaran yang inovatif dan berbasis proyek dalam meningkatkan partisipasi siswa dan hasil pembelajaran mereka dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.
Copyrights © 2024