Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya SMKN 5 Makassar dalam mengintegrasikan Good Character ke dalam pendidikan karakter di kelas X TKJ. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengacu pada model Spiral Action Research oleh Kemmis & McTaggart (2005). Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dengan guru mata pelajaran dan 4 orang siswa kelas X TKJ, serta observasi kelas selama 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMKN 5 Makassar telah menerapkan beberapa strategi untuk mengintegrasikan Good Character kedalam pendidikan karakter di kelas X TKJ, seperti menanamkan nilai-nilai Good Character dalam kurikulum dan pembelajaran, melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung Good Character, dan menciptakan budaya sekolah yang kondusif untuk Good Character. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi Good Character di SMKN 5 Makassar telah memberikan dampak positif terhadap pemahaman dan penerapan nilai-nilai Good Character oleh siswa. Siswa menunjukkan peningkatan dalam hal pemahaman, alasan, dan kemampuan untuk menerapkan nilai-nilai Good Character dalam kehidupan sehari-hari.
Copyrights © 2024