Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang jaringan LAN menggunakan Cisco Packet Tracer di SMK Negeri 3 Makassar. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan satu siklus. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, dan dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa setelah penerapan PBL, dengan mayoritas siswa menunjukkan peningkatan nilai post-test. Meskipun demikian, terdapat variasi dalam pencapaian siswa, menyoroti pentingnya mendukung beragam gaya belajar. Penelitian ini memberikan implikasi bagi guru untuk menyesuaikan pendekatan pembelajaran dan bagi peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Kesimpulannya, PBL merupakan pendekatan pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang jaringan LAN dan layak untuk diterapkan dalam konteks pendidikan teknologi di SMK.
Copyrights © 2024