Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education
Volume 1 Issue 3, November (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Peer Teaching Untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Mahasiswa PTIK UNM Pada Matakuliah Simulasi dan Game Computing

Deliya (Unknown)
Muh. Yusuf Mappeasse (Unknown)
Massikki (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran peer teaching, mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran peer teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap pelaksanaan yang meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini merupakan mahasiswa kelas PTIK F Angkatan 2020. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, tes (pretest dan posstest), angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan lembar observasi dan angket partisipasi peserta didik dapat dinyatakan meningkat dengan hasil peningkatan sebesar 15% dari awal penerapan model pembelaran peer teaching yang diukur dengan menggunakan lembar obsservasi dan mengalami peningkatan sebesar 5.34 yang diukur dengan menggunakan angket, dan analisis tes hasil belajar peserta didik menggunakan uji nilai N-Gain hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran peer teaching dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa PTIK UNM dengan Hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran peer teaching meningkat. Secara keseluruhan peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 0,03 dengan rata-rata pada Siklus I sebesar 0,52 dan pada Siklus II sebesar 0,55.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

CIVE

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal CIVE is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University. The CIVE journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or critical studies in the field of Informatics and Computer ...