Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui tingkat efektivitas penggunaan game edukasi wordwall terhadap hasil belajar (2) Mengetahui perbedaan minat belajar antara siswa yang menggunakan model SOLE dan game edukasi wordwall dengan kelas yang menggunakan model SOLE dan LKPD pada materi sistem ekskresi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen Non equivalent Control Group Design. Kelas ekperimen diberikan perlakuan menggunakan model SOLE dan game edukasi wordwall, sedangkan kelas kontrol menggunakan model SOLE dan LKPD. Masing-masing diberikan pretest dan posttest. Hasil pengolahan data menunjukkan perhitungan nilai rata-rata N-Gain Score dari kelas eksperimen sebesar 63,56 sedangkan kelas kontrol 26,42. Kesimpulan hasil penelitian yaitu penggunaan game edukasi wordwall dengan model SOLE “Cukup Efektif” dalam meningkatkan hasil belajar dan terdapat perbedaan minat belajar yang signifikan antara kelompok yang menggunakan game edukasi wordwall dengan kelompok yang tidak menggunakan game edukasi wordwall dengan nilai sig 0,38. Hasil dan minat belajar siswa yang menggunakan game edukasi dalam pembelajaran lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang tidak menggunakan game pembelajaran.
Copyrights © 2022