FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam
Vol. 11 No. 2 (2022): FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam

Analisis Urgensi Pendidikan Kewirausahaan, Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Spritual Pemasaran Terhadap Kemampuan Pemasaran

Fajar, Achmarul (Unknown)
Indah Fitriana, Leily Nur (Unknown)
Zainurrafiqi, Zainurrafiqi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Memasuki era globalisasi dan perdagangan bebas, serta semakin majunya teknologi menyebabkan persaingan bisnis menjadi semakin kompetitif, baik di pasar domestik maupun internasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh pengaruh Pemasaran Spiritual dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kemampuan Pemasaran dan Keunggulan Kompetitif UMKM Berkelanjutan. Penelitian ini tergolong penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 Manajer UMKM di Sumenep dengan teknik Purposive Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer, yaitu pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan ialah Analisis Regresi Linier Berganda dengan alat bantu SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemasaran Spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemampuan Pemasaran, Pemasaran Spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Kompetitif UMKM Berkelanjutan, Orientasi Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemampuan Pemasaran, Orientasi Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Kompetitif UMKM Berkelanjutan dan Kemampuan Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Kompetitif UMKM Berkelanjutan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fikrotuna

Publisher

Subject

Education

Description

FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam. The journal focuses on aspects related to education and management in Islam. This journal contains scientific studies on Islamic education and management, educational innovations, educational policy, and educational thinking in the form of 1) ...