FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam
Vol. 12 No. 2 (2023): FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam

IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 OGAN KOMERING ULU

Muhammad Ilham Fahmi (Unknown)
Wahyu, Dwi (Unknown)
Aisyah, Siti Ayu (Unknown)
Harto, Kasinyo (Unknown)
Suryana, Ermis (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 OLU dengan menggunakan pendekatan asesmen diagnostik. Asesmen diagnostik menjadi metode evaluasi yang dipilih untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa dalam proses belajar-mengajar. Penelitian lapangan ini mengadopsi pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara sebagai alat pengumpul data. Subjek penelitian melibatkan guru dan peserta didik. Analisis kualitatif dilakukan melalui tahapan reduksi data, display data, dan verifikasi data untuk memahami implementasi asesmen diagnostik dalam proses pembelajaran PAI. Hasil penelitian memberikan gambaran naratif yang komprehensif tentang implementasi asesmen diagnostik dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PAI, sesuai dengan kebutuhan kemampuan dan kondisi siswa. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya integrasi asesmen diagnostik dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah menengah kejuruan. Integrasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa. Penelitian ini memberikan dasar bagi pengembangan strategi evaluasi pembelajaran yang lebih baik di masa depan, khususnya dalam konteks pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 OLU

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fikrotuna

Publisher

Subject

Education

Description

FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam. The journal focuses on aspects related to education and management in Islam. This journal contains scientific studies on Islamic education and management, educational innovations, educational policy, and educational thinking in the form of 1) ...