Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran guru aswaja dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan ahlussunnah wal jamaah (Aswaja) di Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono. Selain itu, juga untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian kualitatif berjenis field research ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Ahlussunah Wal Jamaah An-Nahdliyah yang ditanamkan oleh guru Aswaja kepada siswa meliputi tawassuth, tawazzun, tasamuh dan i'tidal. Sebagai konservator, guru Aswaja berperan memberikan arahan berupa materi terkait dengan Toleransi Beragama yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari seperti berbuat baik kepada sesama,dan menghormati pendapat orang lain. Guru Aswaja juga selaku inovator yang memiliki ide-ide baru dalam menanamkan nilai Ahlussunah Wal Jamaah An-Nahdliyah. Selaku transmitor,guru Aswaja memanfaatkan metode ceramah dan dakwah untuk menanamkan Nilai Ahlussunah Waljamaah An-Nahdliyah. Aspek latar belakang pendidikan guru Aswaja menjadi faktor pendukung penanaman nilai Ahlussunnah Waljama’ah An-Nahdliyyah, di samping juga factor kedewasan berpikir siswa. Fasilitas dan lingkungan sekolah juga menambah daya dukung penanaman nilai-nilai tersebut. Pada sisi yang lain, adanya guru yang linearitas kesarjanaannya kurang sesuai menjadi faktor penghambat penanaman nilai Aswaja An-Nahdliyyah.
Copyrights © 2024