Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 5 (2024): OKTOBER-NOVEMBER 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Saintifik Terhadap Keterampilan Membaca Dan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar

Ade Irma (Unknown)
Masrul Masrul (Unknown)
Ramdhan Witarsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran saintifik terhadap keterampilan membaca dan menulis Bahasa Indonesia siswa kelas II di SDN 5 Bengkalis dan SDN 10 Bengkalis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampel jenuh dengan total populasi 21 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes keterampilan menulis dan membaca. Validitas instrumen dilakukan melalui expert judgement, dan analisis data menggunakan uji Shapiro-Wilk untuk normalitas serta uji Levene untuk homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penerapan model pembelajaran saintifik terhadap keterampilan membaca dan menulis siswa. Peningkatan keterampilan ini dijelaskan melalui langkah-langkah dalam pendekatan saintifik yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan model pembelajaran inovatif yang efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa pada tingkat pendidikan dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...