Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 5 (2024): OKTOBER-NOVEMBER 2024

Pengaruh Literasi Audio Visual Terhadap Kemampuan Memahami dan Menceritakan Kembali Isi Cerita Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Tanjungsamak

Ufaul Hasanah (Unknown)
Musnar Indra Daulay (Unknown)
Ramdhan Witarsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan menceritakan kembali isi cerita. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dimana kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran dengan media audio visual sedangkan kelompok kontrol tidak mendapatkan perlakuan tersebut dan menjalani pembelajaran secara konvensional. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini mencakup hasil tes kemampuan memahami dan menceritakan kembali isi cerita sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan memahami isi cerita dari pretest (mean = 65.25) menjadi posttest (mean = 80.50), sementara kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan dari pretest (mean = 64.75) menjadi posttest (mean = 68.00). Dalam hal kemampuan menceritakan kembali isi cerita, kelompok eksperimen juga menunjukkan peningkatan signifikan dari pretest (mean = 62.50) menjadi posttest (mean = 78.75), sedangkan kelompok kontrol hanya meningkat dari pretest (mean = 63.00) menjadi posttest (mean = 67.25). Uji-t yang dilakukan mengkonfirmasi bahwa perbedaan antara kelompok eksperimen dan kontrol pada posttest signifikan secara statistik (p < 0.05).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...