Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Flash Card terhadap hafalan kosakata dan pelafalan kosakata bahasa Inggris pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas IV SDN 009 Bukit Lembar Subur sebanyak 39 siswa, yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen dari kelas IV A sebanyak 19 siswa yang menggunakan media Flash Card dan kelompok kontrol dari kelas IV B sebanyak 20 siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai Sig. (2-tailed) dari uji independent t-test untuk hafalan kosakata adalah 0.000, dan nilai Sig. (2-tailed) dari uji Mann-Whitney untuk pelafalan kosakata adalah 0.000 yang keduanya lebih kecil dari tingkat signifikansi α = 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media Flash Card memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hafalan dan pelafalan kosakata siswa. Penelitian ini konsisten dengan temuan studi sebelumnya yang menunjukkan efektivitas media Flash Card dalam meningkatkan kemampuan memori dan pengucapan kosakata bahasa asing. Dengan demikian, penggunaan media Flash Card dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar dibandingkan dengan metode konvensional yang lebih umum digunakan.
Copyrights © 2024