Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 5 (2024): OKTOBER-NOVEMBER 2024

Pengaruh Pelatihan Terbimbing Terhadap Minat Dan Kemampuan Guru Dalam Penggunaan Media Kumpulan Instrument Terpadu Ipa Di Sd Negeri 12 Topang

Darwanis Darwanis (Unknown)
Musnar Indra Daulay (Unknown)
Kasman Ediputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan terbimbing terhadap minat dan kemampuan guru dalam penggunaan media kumpulan instrument terpadu IPA di SD Negeri 12 Topang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SD Negeri 12 Topang, dengan sampel penelitian berjumlah 6 orang guru. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan terbimbing memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan minat dan kemampuan guru dalam menggunakan media kumpulan instrument terpadu IPA. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelatihan terbimbing dapat menjadi salah satu strategi efektif dalam meningkatkan kualitas pengajaran IPA di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...