Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 5 (2024): OKTOBER-NOVEMBER 2024

PENGARUH GERAKAN LITERASI TERHADAP MINAT BACA DAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS III SDN 18 PENYAGUN

Evi Daryani (Unknown)
Musnar Indra Daulay (Unknown)
Ramdhan Witarsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh gerakan literasi terhadap minat baca dan kemampuan menulis siswa kelas III SDN 18 Penyagun. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner yang melibatkan 13 siswa sebagai sampel. Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk menunjukkan data berdistribusi normal, sehingga analisis dilanjutkan dengan uji paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam minat baca (nilai t = 3.245, p-value = 0.006) dan menulis (nilai t = 2.958, p-value = 0.012) setelah penerapan program gerakan literasi. Berdasarkan temuan ini, hipotesis bahwa gerakan literasi memiliki pengaruh signifikan terhadap minat baca dan kemampuan menulis siswa diterima. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya implementasi program literasi di sekolah dasar untuk meningkatkan keterampilan dasar siswa dalam membaca dan menulis. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah memperluas sampel dan mengeksplorasi faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi minat baca dan menulis siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...