Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-modul menggunakan liveworksheet materi gaya di sekitar kita untuk keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Validasi yang diperoleh dari berbagai ahli menunjukkan hasil yang sangat layak, yaitu 93,3% dari ahli media, 94,1% dari ahli materi, 90% dari ahli bahasa, dan 95,2% dari guru. Uji praktikalitas e-modul dilakukan dalam dua tahap, yaitu uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Hasil uji kelompok kecil menunjukkan persentase 85,7%, sedangkan uji kelompok besar memperoleh persentase 79,04%, keduanya masuk dalam kategori sangat praktis. Uji Efektivitas diperoleh melalui hasil evaluasi kelompok kecil dengan nilai rata-rata sebesar 84,91% dan untuk uji coba kelompok besar mendapat rata-rata sebesar 82,5%. Tidak hanya dari hasil evaluasi, saat diskusi siswa bisa aktif mengeluarkan pendapat yang mereka ungkapkan dan dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Artinya e-modul menggunakan liveworksheet materi gaya di sekitar kita efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024