Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Vol 9 No 02 (2024): Volume 09 Nomor 02 November 2024

Pengembangan E-modul Liveworksheet untuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Pramesti, Elsa Anggita Ary (Unknown)
Imas Srinana Wardani (Unknown)
Susi Hermin Rusminati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-modul menggunakan liveworksheet materi gaya di sekitar kita untuk keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Validasi yang diperoleh dari berbagai ahli menunjukkan hasil yang sangat layak, yaitu 93,3% dari ahli media, 94,1% dari ahli materi, 90% dari ahli bahasa, dan 95,2% dari guru. Uji praktikalitas e-modul dilakukan dalam dua tahap, yaitu uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Hasil uji kelompok kecil menunjukkan persentase 85,7%, sedangkan uji kelompok besar memperoleh persentase 79,04%, keduanya masuk dalam kategori sangat praktis. Uji Efektivitas diperoleh melalui hasil evaluasi kelompok kecil dengan nilai rata-rata sebesar 84,91% dan untuk uji coba kelompok besar mendapat rata-rata sebesar 82,5%. Tidak hanya dari hasil evaluasi, saat diskusi siswa bisa aktif mengeluarkan pendapat yang mereka ungkapkan dan dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Artinya e-modul menggunakan liveworksheet materi gaya di sekitar kita efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPDK

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan adalah jurnal peer review yang fokus pada kajian kritis tentang pendidikan dasar, dan dinamika pembelajaran ditingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Selain itu, mengkaji masalah perkembangan pendidikan dasar ...