Penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa siswa kelas III SD masih memiliki penguasaan konsep yang kurang. Penguasaan konsep sangat penting karena memungkinkan siswa untuk menyerap, memahami, dan mengingat materi yang dipelajari dalam jangka waktu yang lama. Dengan penguasaan konsep yang baik, siswa diharapkan dapat mendeskripsikan dan menghubungkan berbagai konsep satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM dalam membangun penguasaan konsep pada materi perubahan sifat benda. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif Quasi Experimental Design melalui Pre-test Post-test Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa di SDN Bangsri, sementara sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas III-A (kelas kontrol) sebanyak 20 siswa dan kelas III-B (kelas eksperimen) sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang berjumlah 10 soal essay keterampilan berpikir kreatif. Hasil dari penelitian ini adalah nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh pendekatan STEM dalam menumbuhkan penguasaan konsep siswa kelas III SD pada materi perubahan sifat benda Kata Kunci: STEM, penguasaan konsep, perubahan sifat benda
Copyrights © 2024