Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Vol 9 No 02 (2024): Volume 09 Nomor 02 November 2024

Implementasi Model Kooperatif tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Sarmita Tahir, Dwi Putri (Unknown)
Alfi, Andi (Unknown)
Halim, St Nur Humairah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dalam meningkatkan hasil belajar matematika dan motivasi peserta didik kelas 4 di SD Inpres Mariso 3. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, lembar observasi, dan angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar peserta didik, dengan rata-rata nilai tes meningkat dari 68 pada siklus pertama menjadi 83,3 pada siklus ketiga, Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model STAD dapat menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan kolaboratif, serta meningkatkan hasil belajar matematika dan motivasi peserta didik. Temuan ini memberikan wawasan baru bagi praktik pembelajaran di sekolah dasar dan rekomendasi untuk penerapan model kooperatif dalam konteks pendidikan di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPDK

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan adalah jurnal peer review yang fokus pada kajian kritis tentang pendidikan dasar, dan dinamika pembelajaran ditingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Selain itu, mengkaji masalah perkembangan pendidikan dasar ...