Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Vol 9 No 02 (2024): Volume 09 Nomor 02 November 2024

Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist

Rustan (Unknown)
Syamsir (Unknown)
Mubhar, Zulkarnain (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist siswa pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist siswa, mengetahui pengaruh strategis pembelajaran Problem Based Learning terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist siswa. Penelitian ini termaksud dalam jenis penelitian exspost facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan Teknik angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif statistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, ada pengaruh Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar siswa pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist dengan nilai 0,006<0,05. Adapun pengaruhnya sebsar 8%. Kedua, ada pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar siswa pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist dengan nilai 0,0001 < 0,05. Adapun besar pengaruh sebesar 52,0%. Ketiga, ada pengaruh Problem Based Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar siswa pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist dengan nilai 0,001 < 0,05. Adapun besar pengaruh sebesar 53,5%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPDK

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan adalah jurnal peer review yang fokus pada kajian kritis tentang pendidikan dasar, dan dinamika pembelajaran ditingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Selain itu, mengkaji masalah perkembangan pendidikan dasar ...