Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 1 No. 8 (2024): Oktober 2024

Pengaruh Pelayanan Dan Fasilitas Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Di Medan

Lestari, Marwah (Unknown)
Suci Sartika Wulandari2 (Unknown)
Rizkia Zahra (Unknown)
Adisty Andriyani (Unknown)
Erick Daniel Tampubolon (Unknown)
Agus Rahmadsyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien pengguna BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah Pasien pengguna BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Medan. yang berjumlah laki laki 13 dan Perempuan 43 orang. Dalam penelitian ini diambil ssecara melalui pengisian kusioner yang totalnya adalah 56 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe asosiatif, di mana data dikumpulkan melalui metode non-tes, yaitu menggunakan angket sebagai instrumen penelitian utama, yang artinya kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Selanjutnya dilakukan pengujian dengan uji menunjukkan 16.376 > 1,65, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. R-square menunjukkan koefisien determinasi adalah sebesar 0,514, artinya kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien sebesar 51,4%, sedangkan sisanya sebesar 48,6 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...