Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 1 No. 8 (2024): Oktober 2024

Pengaruh Media Pembelajaran Canva Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis Peseta Didik Kelas III Pada Sub Tema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi di SDN 001 Ukui

Nova Sepriyanti (Unknown)
Wida Rianti (Unknown)
Jufrianis Jufrianis (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan media pembelajaran Canva terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kritis peserta didik kelas III pada sub tema Perkembangan Teknologi Transportasi di SDN 001 Ukui. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran Canva dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif dan kritis pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Penggunaan Canva sebagai media pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa, sehingga berdampak positif terhadap pengembangan kemampuan berpikir mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...