Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 1 No. 10 (2024): Desember 2024

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PANCASILA DI UPT SPF SD NEGERI BARA-BARAYA 1 MAKASSAR

Indah Pratiwi (Unknown)
Ansar Ansar (Unknown)
Sitti Habibah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mengembangkan Karakter Pancasila di UPT SPF SD Negeri Bara-Baraya 1 Makassar. Penelitian ini berfokus pada bagaimana Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mengembangkan Karakter Pancasila di UPT SPF SD Negeri Bara-Baraya 1 Makassar, serta faktor pendukung dan faktor penghambat Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mengembangkan Karakter Pancasila di UPT SPF SD Negeri Bara-Baraya 1 Makassar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat analisis deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas 1 dan Guru Kelas 5. Prosedur pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyediaan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi kurikulum merdeka dalam mengembangkan karakter pancasila di UPT SPF SD Negeri Bara-Baraya 1 Makassar berjalan dengan baik dan maksimal. Dalam mengembangkan karakter pancasila telah diterapkan dimensi beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, dan berahlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, dan bernalar kritis. Kegiatan yang dilakukan dalam menerapkan dimensi profil pelajar pancasila seperti melaksanakan upacara pada hari senin, makan sehat, senam bersama, kunjungan perpustakaan, dan kegiatan ekstrakurikuler. Keempat dimensi nilai profil pelajar pancasila di tingkat kelas 1 menerapkan tema kearifan lokal pada tingkat kelas 5 menerapkan tema gaya hidup berkelanjutan. Faktor pendukung dalam implementasi kurikulum merdeka belajar di UPT SPF SD Negeri Bara-Baraya 1 Makassar adalah mendapat dukungan penuh dari lingkungan, orang tua, sekolah dan peserta didik. Adapun faktor penghambat yaitu kurangnya pemahaman terkait program ini sehingga dapat mempersulit jalannya penerapan profil pelajar pancasila yang akan dijalankan serta terbatasnya waktu yang digunakan siswa di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...