JABE (Journal of Accounting and Business Education)
2014: Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPA): Vol. 2, No. 1, Maret 2014

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KASUS (CASE BASED) PADA MATA KULIAH ASPEK HUKUM EKONOMI DAN BISNIS

Mentari, Sriyani (Unknown)
Laily, Nujmatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengembangkan bahan ajar berbasis kasus pada mata kuliah Aspek Hukum Ekonomi dan Bisnis. Pengembangan bahan ajar menggunakan model rancangan Borg&Gall yang dimodifikasi dalam 10 langkah prosedur pengembangan. Kegiatan utama penelitian ini meliputi (1) merancang dan mengembangkan bahan ajar, dan (2) memvalidasi serta merevisi bahan ajar. Bahan ajar dirancang dalam 11 (sebelas) bab, di mana setiap bab terdiri dari komponen: contoh kasus, apersepsi, tujuan pembelajaran, materi, dan soal latihan. Validasi bahan ajar dilakukan oleh dua orang validator yang memiliki kompetensi di bidang hukum bisnis. Hasil validasi bahan ajar menunjukkan bahwa: contoh kasus yang digunakan sudah relevan dan orisinil serta dapat memotivasi mahasiswa untuk berpikir kritis. Penyajian materi pembelajaran berdasar urutan dari yang mudah sampai sulit dan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Secara keseluruhan hasil validasi dapat disimpulkan bahwa bahan ajar layak dan valid serta dapat dilakukan uji coba pada tahap berikutnya.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jabe

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JABE (JOURNAL OF ACCOUNTING AND BUSINESS EDUCATION), p-ISSN 2528-7281 and e-ISSN 2528-729X is a blind peer-reviewed and open access journal published twice a year (March and September). JABE aims to help researchers publish their work for wider audience and discover new connections. We Consider ...