JABE (Journal of Accounting and Business Education)
2012: Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPA): Vol. 1, No. 1, Maret 2012

PERSEPSI SISWA TENTANG PEMANFAATAN FASILITAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Widyati, Mega Anastasia (Unknown)
Achadiyah, Bety Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa akuntansi SMK Ardjuna 2 Malang. Penelitian ini dilaksanakan terhadap siswa kelas XI dan XII Akuntansi SMK Arjuna 2 Malang  dengan 36 responden. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif antara persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa akuntansi; dan (2) Terdapat pengaruh positif antara persepsi siswa tentang motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa akuntansi. Saran dalam penelitian ini adalah: (1) Pihak sekolah hendaknya meningkatkan fasilitas belajar di sekolah; (2) guru hendaknya memberikan bimbingan dan motivasi kepada anak didiknya agar lebih memanfaatkan fasilitas belajar yang tersedia di sekolah; dan (3) bagi penelitian selanjutnya hendaknya mengkaji faktor-faktor lain yang berpengaruh dengan prestasi belajar yang belum diungkap dan dibahas dalam penelitian ini.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

jabe

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JABE (JOURNAL OF ACCOUNTING AND BUSINESS EDUCATION), p-ISSN 2528-7281 and e-ISSN 2528-729X is a blind peer-reviewed and open access journal published twice a year (March and September). JABE aims to help researchers publish their work for wider audience and discover new connections. We Consider ...