Seorang guru memiliki peran aktif dalam pentrasnferan ilmu dan pengetahuan bagi siwanya agar dijadikan bekal yang sangat penting bagi dirinya kelak. Sehingga mereka mampu mengembangkan dan mem-berdayakan manusia untuk dicetak menjadi seseorang yang berkarakter dimasa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam menangani perilaku bullying pada siswa kelas VI UPTD SDN Pejagan 1 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, Teknik pngumpulan datadalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian peran guru dalam menangani pencegahan bullying yaitu: (1) pentingnya kepedulian terhadap hal sekitar, (2) Membangun pedoman yang tegas mengenai bullying, (3) Membangun suasana yang aman dan nyaman, (4) Menelusuri akar permasalahan yang ditimbulkan siswa. Kesimpulan pada penelitian ini didapatkan bahwa peran penting seorang guru dalam pencegahan bullying di kelas VI  UPTD SDN pejagan 1 Bangkalan diantaranya yaitu kepedulian guru pada hal sekitar, membangun pedoman yang tegas mengenai bullying, menciptakan suasana yang aman dan nyaman, dan menelusuri akar pemasalahan  yang ditimbulkan siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024