Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 3 (2024): Agustus

Analisis Peran Guru dalam Pencegahan Bullying terhadap Siswa di Kelas VI UPTD SDN Pejagan 1 Bangkalan

Choir, Dini Sirria Toyyibah (Unknown)
Hariyani, Yunita (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Seorang guru memiliki peran aktif dalam pentrasnferan ilmu dan pengetahuan bagi siwanya agar dijadikan bekal yang sangat penting bagi dirinya kelak. Sehingga mereka mampu mengembangkan dan mem-berdayakan manusia untuk dicetak menjadi seseorang yang berkarakter dimasa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam menangani perilaku bullying pada siswa kelas VI UPTD SDN Pejagan 1 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, Teknik pngumpulan datadalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian peran guru dalam menangani pencegahan bullying yaitu: (1) pentingnya kepedulian terhadap hal sekitar, (2) Membangun pedoman yang tegas mengenai bullying, (3) Membangun suasana yang aman dan nyaman, (4) Menelusuri akar permasalahan yang ditimbulkan siswa. Kesimpulan pada penelitian ini didapatkan bahwa peran penting seorang guru dalam pencegahan bullying di kelas VI  UPTD SDN pejagan 1 Bangkalan diantaranya yaitu kepedulian guru pada hal sekitar, membangun pedoman yang tegas mengenai bullying, menciptakan suasana yang aman dan nyaman, dan menelusuri akar pemasalahan  yang ditimbulkan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...