Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 3 (2024): Agustus

Pengembangan Media Appekosis dengan Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPAS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD

Ambarwati, Yohana Dian (Unknown)
Wahyudi, Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan disesuaikan dengan hasil analisis dan permasalahan yang ditemukan di SD Negeri Sidorejo Lor 06 Salatiga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android serta mengetahui tingkat kevalidan, kefeektifan serta kepraktisan dari media pembelajaran berbasis android pada materi IPAS. Penelitian ini menggunakan penelitian research & development oleh borg & gall menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menujukkan bahwa media pembelajan berbasis android layak untuk digunakan dengan perolehan hasil validasi ahli materi sebesar 90% dengan kriteria sangat tinggi, oleh ahlli media dan design pembelajaran diperoleh presentase sebesar 96% dengan kategori sangat tinggi. Dieproleh kenaikan nilai rata-rata sebesar 37,86 serta pada Uji-T menghasilkan data dengan hasil yang menunjukkan nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000 sehingga nilai Sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Pada kepraktisan media pembelajaran berbasis android didapatkan presentase sebesar 84,64% dari angket respon peserta didik. Maka media pembelajaran appekosis pada mata pelajaran IPAS dianggap praktis dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...