Sebagai seorang guru profesional, sangatlah penting untuk terus mengembangkan keterampilan yang dimiliki. Guru perlu mampu berinovasi dalam pembelajaran agar tetap sejalan dengan kemajuan dunia pendidikan, salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi Canva. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak positif penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan bahan ajar untuk meningkatkan profesionalisme mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (mixed method), yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif guna memberikan pemahaman yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Canva secara signifikan meningkatkan kreativitas, efisiensi, dan estetika bahan ajar, serta membantu mahasiswa PPG merasa lebih percaya diri dalam menyampaikan materi pembelajaran. Sebanyak 92% responden menyatakan setuju atau sangat setuju dengan manfaat Canva dalam pembelajaran. Kesimpulannya, aplikasi Canva berkontribusi positif dalam meningkatkan keterampilan desain dan kemampuan teknologi mahasiswa PPG, yang esensial dalam menghadapi tantangan pendidikan modern.
Copyrights © 2024