Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 4 (2024): November

Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Penguasaan Konsep Elastisitas dan Hukum Hooke Peserta Didik Kelas XI

Fauziah, Husrin (Unknown)
Ardhuha, Jannathin (Unknown)
Verawati, Ni Nyoman Sri Putu (Unknown)
Rahayu, Satutik (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh model learning cycle 5E terhadap penguaaaan konsep elastisitas dan hukum hooke peserta didik kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pre test dan post test kontrol group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 7 Mataram berjumlah 214 peserta didik yang terbagi menjadi 6 kelas. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih peserta didik kelas XI IPA 6 sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan model learning cycle 5E, sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Nilai rata-rata pre test dan post test yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 77,29 dengan kriteria baik dan kelas kontrol sebesar 65,73 dengan kriteria cukup baik . Data pre test dan post test untuk kedua kelas homogen dan terdistrbusi normal. Data penguasaan konsep peserta didik dianalisis menggunakan uji-t cuplikan kembar. Hasil analisis data pre test dan post test diperoleh nilai  sebesar 5,60 dengan nilai  sebesar 2,00 dengan taraf signifikan 5%.  Hasil analisis uji persentasi N-Gain diproleh untukkrlas eksperimen 51,44 kriteria sedang dan kelas kontrol sebesar 27,10 dengan kriteria rendah. Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model learning cycle 5E terhadap penguasaan konsep elastisitas dan hukum hooke peserta didik kelas XI.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...