Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 4 (2024): November

Pengembangan Modul Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian Tata Busana Kelas X Jurusan Desain & Produksi Busana di SMKN 1 Sijunjung

Nurhazizah, Nurhazizah (Unknown)
Puspaneli , Puspaneli (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran elemen dasar pola dan teknik dasar menjahit pada mata pelajaran program keahlian tata busana. Permasalahan yang dihadapi adalah siswa kesulitan memahami pembuatan pola dasar dari jobsheet dan modul sebelumnya, serta keterbatasan waktu saat guru mendemonstrasikan materi di kelas, sehingga memengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas modul elemen dasar pola dan teknik dasar menjahit pada mata pelajaran dasar program keahlian tata busana. Penelitian menggunakan metode research and development (R&D) dengan model 4D, yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate, namun penyebaran dilakukan terbatas karena keterbatasan penulis. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk menguji validitas dari ahli media dan materi, serta kepraktisan melalui uji kelompok kecil dan besar. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas X jurusan Desain Produksi Busana di SMK Negeri 1 Sijunjung. Berdasarkan hasil validasi modul oleh ahli media memperoleh nilai 88,5% dengan kategori sangat baik dan validasi materi memperoleh nilai 86% dengan kategori sangat baik. Sedangkan uji coba kecil mendapatkan nilai 90% dengan kategori sangat baik dan uji praktikalitas mendapatkan nilai 91% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan keseluruhan hasil penilaian modul ajar dasar pola dan teknik dasar menjahit dalam kategori sangat valid dan sangat praktis, modul ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar program keahlian tata busana di SMK N 1 Sijunjung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...