Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 4 (2024): November

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Praya

Alimajaya, Ahda (Unknown)
Wahyudi, Wahyudi (Unknown)
Verawati, Ni Nyoman Sri Putu (Unknown)
Zuhdi, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Perubahan kurikulum berpengaruh terhadap bahan ajar suatu sekolah salah satunya menuntut peserta didik untuk berkolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap penguasaan konsep fisika pesserta didik kelas X SMAN 1 Praya. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Praya dengan jumlah 468 peserta pedidik, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sumpling dengan kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 7 sebagai kelas eksperimen. Kelas kontrol diberi perlakuan berupa model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Pada sebelum dan sesudah diberi perlakuan, kedua kelas diberi tes penguasaan konsep fiska yang berjumlah 23 soal. Hasil tes awal dan tes akhir penguasaan konsep fisika dianalisis homogenitas dan normalitasnya untuk melakukan uji hipotesis. Analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik kelas X SMAN 1 Praya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...