Model Cooperatif Integrated reading and Composition merupakan model pembelajaran terpadu yang melibatkan keaktifan siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis agar siswa mampu memberikan solusi dari masalah yang ditemukan secara berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cooperatif Integrated reading and Composition terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah Quasi Experimen. Populasi penelitian ini adalah kelas VII MTs Riyadlusshibyan Batulayar, sampel penelitian terdiri dari kelas VII A dan VII B dengan tehnik sampling jenuh. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control group. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Tekhnik pengolahan dan analisis data menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, untuk uji hipotesis menggunakan anacova (Analysis of Covariance). Berdasarkan hasil analisis data didapatkan nilai posstest kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol dengan rata-rata kelas eksperimen 73 dan kelas kontrol 61. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikasi sebesar 0,003 yang berarti lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model Cooperatif Integrated reading and Composition terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII di MTs Riyadlusshibyan Batulayar.
Copyrights © 2024