Pengunaan media dalam pembelajaran berperan penting sebagai penyalur informasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media congklak matematika untuk pembelajaran matematika pada kelas V materi KPK dan FPB yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Reserch and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tempat dilakukan penelitian yaitu SDN 38 Cakranegara dengan subjek penelitian siswa kelas V sebanyak 14 siswa. Sedangkan objek penelitian ini yaitu media congklak matematika untuk materi KPK dan FPB. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket validasi ahli media dan materi, angket respon guru, serta tes pemahaman konsep siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan skor penilaian yaitu 1 sampai 4 meliputi analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media congklak matematika untuk pembelajaran matematika pada materi KPK dan FPB mendapatkan presentase 88% dengan kriteria sangat valid dari ahli media, presentase 90% dengan kriteria sangat valid dari ahli materi, presentase 91% dengan kriteria sangat praktis dari respon guru, dan presentase 92,85% dengan kriteria sangat efektif dari hasil tes pemahaman konsep siswa yang dihitung dengan ketuntasan belajar klasikal. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media congklak matematika untuk pembelajaran matematika tentang materi KPK dan FPB sudah layak dari aspek valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas 5 SDN 38 Cakranegara.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024