Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang menekankan pentingnya pengembangan keterampilan abad 21. Keterampilan abad 21 ini erat kaitannya dengan istilah kemampuan HOTS (High Order Thinking Skills). Kemampuan berpikir tingkat tinggi cenderung dipengaruhi oleh orientasi pembelajaran. Untuk itu dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang berorientasi pada siswa yaitu scientific approach. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis implementasi kurikulum merdeka dalam mengintegrasikan kemampuan HOTS pada mata pelajaran sosiologi di MAN 2 Mataram; (2) menganalisis implementasi kurikulum merdeka dalam mengintegrasikan scientific approach pada mata pelajaran sosiologi di MAN 2 Mataram. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran sosiologi di MAN 2 Mataram mengintegrasikan kemampuan HOTS critical thinking, creative thinking, problem solving, decision making, communication, dan collaboration. Selain itu, implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran sosiologi di MAN 2 Mataram mengintegrasikan scientific approach mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024