Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol.1, No.4, April 2016

PENERAPAN MODEL ANALOGI UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF CALON KONSELOR

Mirza Alvira (Mahasiswa Bimbingan dan Konseling-Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Nur Hidayah (Dosen Bimbingan dan Konseling-Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Tutut Chusniah (Dosen Bimbingan dan Konseling-Pascasarjana Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2016

Abstract

Preparing a counselor candidate as a reflective practitioner is essential. This can be completed through practicing creative thinking skill in a learning activity. In this case, various learning activities are available for practicing creative thinking skill, one of which is analogy model. Analogy model is conducted through Class Action Research of which purpose is to improve both counseling learning process and practice with the guide of the learning scenarios. The data obtained is then analyzed quantitatively and qualitatively. The result shows that analogy model can help the counselor candidate to develop his creative thinking skill.Penyiapan diri calon konselor sebagai seorang reflective practitioner sangat penting. Penyiapan dilakukan dengan melatih keterampilan berpikir kreatif dalam kegiatan pembelajaran yang mencakup tiga keterampilan, yaitu sintetik, analitik, dan praktikal. Berbagai model pembelajaran digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kreatif salah satunya model analogi. Model analogi dilakukan melalui penelitian tindakan kelas dengan tujuan memperbaiki proses pembelajaran dan praktik konseling. Penelitian tindakan ini berlangsung dalam dua siklus dengan panduan skenario pembelajaran. Data dari hasil penelitian tindakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa model analogi membantu calon konselor mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dalam proses pembelajaran dan praktik konseling.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...