Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 4 (2024): November

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SDN 1 Ampenan

Mastura, Viza (Unknown)
Arjudin, Arjudin (Unknown)
Fauzi, Asri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 1 Ampenan Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen jenis penelitian Quasi Experimental tipe Nonequivalent Control Grup Design. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV di SDN 1 Ampenan yang berjumlah 57 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar matematika (pretest -posttest) dan lembar observasi. Teknik analisis data diawali uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji kolmogrov Smirnov dengan taraf signifikansi 5% (0,05), uji homogenitas levene dan uji hipotesis menggunkan uji independent Sampel T-Test. Dari hasil pengajuan hipotesis bahwa nilai bahwa nilai  sebesar 3.786 dan nilai sebesar 1,673 sedangkan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 yang dimana < 0,05. maka  ditolak dan  diterima. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 1 Ampenan Tahun Pelajaran 2024/2025.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...