Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 4 (2024): November

Implementasi Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Suela Lombok Timur Pada Konsep Replikasi Virus

Balqis, Yasina (Unknown)
Raksun, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2024

Abstract

Konsep replikasi virus dalam pembelajaran biologi merupakan salah satu konsep yang cukup sulit untuk dipahami oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas X SMAN 1 Suela pada konsep replikasi virus melalui implementasi media video animasi. Materi replikasi virus menguraikan tentang proses bagaimana virus bereplikasi yang membutuhkan berbagai tahapan sehingga dirasa sulit dipahami oleh peserta didik terutama jika disampaikan dalam bentuk penjelasan teks saja. Hasil belajar siswa SMAN 1 Suela menunjukkan pemahaman yang rendah pada materi tersebut. Dalam upaya memecahkan masalah tersebut maka dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan 36 orang peserta didik kelas XA. Dalam penelitian ini digunakan juga LKPD dan metode diskusi untuk meningkatkan aktifitas dan pemahaman peserta terhadap materi ajar. Pada pelaksanaan pretest diperoleh rata-rata nilai peserta didik yakni = 85, kemudian setelah dilakukan tidakan, nilai rata-rata peserta didik = 95. Hasil observasi menunjukkan bahwa peserta didik memiliki motivasi dan aktivitas belajar yang tinggi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi media video animasi mampu meningkatkan aktivitas dan pemahaman peserta didik kelas X SMAN 1 Suela Kabupaten Lombok Timur.pada konsep replikasi virus.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...